Soal Peningkatan Status Keanggotaan di MSG, Ini Kata Menlu

Rabu, 31 Oktober 2018 - 04:13 WIB
Soal Peningkatan Status Keanggotaan di MSG, Ini Kata Menlu
Soal Peningkatan Status Keanggotaan di MSG, Ini Kata Menlu
A A A
DENPASAR - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah belum memikirkan untuk meningkatkan status keanggotaan di Melanesian Spearhead Group (MSG) menjadi anggota tetap. Menurutnya saat ini yang terpenting adalah menjaga hubungan yang baik dengan negara-negara yang ada dikawasan Pasifik.

"Kita akan lihat kemungkinan (itu). Sekarang kan associate member. Buat kita yang penting bagaimana kontribusi kita terhadap MSG," ujar Retno usai melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan sejumlah negara di Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua, Selasa (30/10/2018).

"Kita appreciate dan menghargai kemitraan yang baik yang ditunjukan oleh negara-negara pasifik," imbuh Retno yang sebelumnya melakukan pertemuan dengan Dirjen MSG Amen Youvoli.

Dikatakan oleh Retno, kehadiran sejumlah presiden negara Pasifik dalam OOC 2018 menunjukkan persahabatan baru antara Indonesia dengan Pasifik selatan.

"Sebelum-sebelumnya mereka tidak pernah ada satu exchange of contact seintensif ini," ujar Menlu.

Sementara terkait pertemuannya dengan Dirjen MSG Amen Youvoli, Menlu mengtakan bahwa dirinya menyampaikan komitmen Indonesia meningkatkan kerja sama dengan negara angota MSG.

"Beliau (Dirjen MSG) menyampaikan apresiasi terhadap kontribusi Indonesia yang selama ini dilakukan untuk MSG termasuk capacity building terkait hal negara-negara Pasifik yg juga mrupakan negara dari MSG," terang Retno.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7074 seconds (0.1#10.140)