Mantan Wapres AS Sebut Rusia Coba Hancurkan NATO dan UE

Minggu, 14 Oktober 2018 - 18:50 WIB
Mantan Wapres AS Sebut Rusia Coba Hancurkan NATO dan UE
Mantan Wapres AS Sebut Rusia Coba Hancurkan NATO dan UE
A A A
WASHINGTON - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menuduh pemerintah Rusia saat ini tidak berencana untuk menghidupkan kembali Uni Soviet. Namun, lanjut Biden, Moksow berusaha untuk menghancurkan Uni Eropa (UE) dan juga NATO.

Dalam sebuah acara mengenai perang dingin, Biden tidak hanya menyerang Rusia, tapi juga China. Dia menyebut, dua negara rival AS itu menunjukan sikap yang menentang sistem dan nilai-nilai Barat.

"Kami sedang menavigasi hubungan baru dengan China dan Rusia. China berusaha untuk membangun dirinya sebagai hegemon dan pialang kekuasaan global, dan Rusia menggunakan setiap alat yang ada untuk mendestabilisasi dan menabur perselisihan," ucap Biden.

"Presiden Rusia, Vladimir Putin memiliki tujuan akhir pembubaran NATO dan UE, daripada pembentukan kembali Uni Soviet. Putin lebih senang berurusan dengan satu per satu negara yang bisa dia tekan, daripada seluruh Barat yang demokratis dan terpadu," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (14/10).

Biden kemudian menuturkan, tantangan Rusia dan China, bukan hanya mengenai persaingan kekuatan besar di dunia, tetapi juga apa yang dia sebut dengan persaingan sistem.

"China dan Rusia dan kekuatan otoriter lainnya juga berusaha untuk membentuk aturan internasional baru yang bisa tidak konsisten dengan nilai-nilai kita dan cenderung tidak konsisten dengan nilai-nilai kita dan bertentangan dengan kepentingan kita, terutama di sekitar domain ekonomi seperti perdagangan , keamanan data, hak kekayaan intelektual dan energi," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8094 seconds (0.1#10.140)
pixels