Setop Tindakan Bermusuhan, Korsel Konsultasi dengan Komando PBB

Jum'at, 28 September 2018 - 02:06 WIB
Setop Tindakan Bermusuhan, Korsel Konsultasi dengan Komando PBB
Setop Tindakan Bermusuhan, Korsel Konsultasi dengan Komando PBB
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) telah berkonsultasi, dan akan terus berkonsultasi, dengan Komando PBB tentang cara untuk menghentikan tindakan bermusuhan di daerah perbatasan antar-Korea. Duo Korea sepakat untuk menghentikan tindakan bermusuhan selama pertemuan puncak antar-Korea di Pyongyang minggu lalu.

Juru bicara kementerian pertahanan Korsel, Choi Hyun-soo, mengatakan bahwa Komando PBB berbagi pandangan mengenai kesepakatan antar-Korea mengenai urusan militer. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh para pemimpin pertahanan kedua Korea di sela-sela pertemuan antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un.

Moon melakukan kunjungan tiga hari pekan lalu ke Pyongyang untuk mengadakan pertemuan puncak ketiganya dengan Jong-un. Pada hari kedua KTT, para pemimpin menandatangani Deklarasi Pyongyang sementara kepala pertahanan dari kedua belah pihak menandatangani perjanjian militer.

Baca: Kurangi Ketegangan, Duo Korea Teken Perjanjian Militer

Di bawah perjanjian militer, kedua pihak menunjuk zona penyangga di darat, di perairan dan udara di dekat perbatasan, yang membuat Semenanjung Korea terbagi, sebagai bagian dari upaya untuk menghentikan semua tindakan bermusuhan terhadap satu sama lain.

Kedua Korea juga setuju untuk menarik 11 pos penjaga di dalam zona demiliterisasi (DMZ), daerah perbatasan antar-Korea yang bersenjata lengkap, atas dasar uji coba.

Juru bicara itu mengatakan Korsel telah berkonsultasi erat dengan Komando PBB, yang menangani urusan militer di DMZ, mengenai perjanjian militer antar-Korea termasuk penarikan pos penjaga dari DMZ.

Dia menambahkan bahwa kementerian pertahanan akan melanjutkan kerja sama dan konsultasi dengan Komando PBB seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (28/9/2018).
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5748 seconds (0.1#10.140)
pixels