87 Gajah Mati Ditemukan di Dekat Taman Margasatwa Botswana

Selasa, 04 September 2018 - 10:07 WIB
87 Gajah Mati Ditemukan di Dekat Taman Margasatwa Botswana
87 Gajah Mati Ditemukan di Dekat Taman Margasatwa Botswana
A A A
GABORONE - Bangkai hampir dari 90 gajah yang mati baru-baru ini telah ditemukan di dekat perlindungan satwa liar yang terkenal di Botswana.

Bangkai gajah ditemukan di dekat perlindungan satwa liar Okavango Delta yang dilindungi, jauh di Botswana. Para ilmuwan mengatakan sebuah survei udara menemukan 87 ekor gajah, banyak dengan gading yang telah hilang, terbunuh dalam tiga bulan terakhir. Lima badak putih juga diburu dalam tiga bulan

Mike Chase dari grup Elephants Without Borders mengatakan dia terkejut dengan temuan itu.

"Skala perburuan gajah sejauh ini adalah yang terbesar yang pernah saya lihat, atau baca di mana saja di Afrika hingga saat ini," katanya seperti dikutip ABC.net.au dari BBC, Selasa (4/9/2018).

"Ini membutuhkan tindakan mendesak dan segera oleh Pemerintah Botswana," imbuhnya.

Diperkirakan perburuan gajah di wilayah tetangga mungkin telah mendorong gajah-gajah tersebut menyeberangi perbatasan ke Botswana. Kawanan gajah tersebut tampaknya telah diikuti oleh para pemburu yang mengejar gading mereka.

"Orang-orang memang memperingatkan kita tentang masalah perburuan yang akan datang dan kami pikir kami siap untuk itu," kata Chase.

"Para pemburu sekarang mengubah senjata mereka ke Botswana. Kami memiliki populasi gajah terbesar di dunia dan musim terbuka bagi para pemburu gelap," imbuhnya.

"Jelas kita perlu melakukan lebih banyak untuk menghentikan skala dari apa yang kita rekam pada survei kami," tukasnya.

Populasi gajah Afrika telah merosot dari jutaan sekitar 1900 menjadi sedikitnya 415 ribu hari ini. Di Tanzania saja, populasi gajah menurun 60 persen menjadi 43.000 antara 2009 dan 2014, menurut Pemerintah setempat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4421 seconds (0.1#10.140)