Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Ditangkap Lagi

Minggu, 26 Agustus 2018 - 01:48 WIB
Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Ditangkap Lagi
Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Ditangkap Lagi
A A A
MOSKOW - Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, kembali ditangkap dan ditahan polisi di Moskow. Juru bicaranya, Kira Yarmysh, mengaitkan penangkapan Navalny dengan rencana untuk menggelar demonstrasi anti-Kremlin pada bulan depan.

"Dia sekarang berada di kantor polisi Danilovsky. Mereka tidak mengatakan mengapa dia ditahan. Mereka menyita ponselnya," kata Yarmysh di Twitter, seperti dikutip Reuters, Minggu (26/8/2018).

Dalam wawancara dengan stasiun radio Ekho Moskvy, Yarmysh mengatakan Navalny berencana menggelar demo 9 September nanti untuk memprotes pemerintah Rusia terkait reformasi pensiun pegawai.

Dalam posting blog yang diterbitkan sebelumnya pada hari Sabtu, Navalny mengatakan demonstrasi akan berlangsung di ibu kota dan di hampir seratus kota lain di Rusia.

Politisi oposisi ini telah mengkritik peningkatan usia pensiun pegawai yang memicu kemarahan publik.

Lebih dari 2,8 juta warga Rusia telah menandatangani petisi menentang reformasi yang didukung oleh partai berkuasa pro-Presiden Vladimir Putin.

Navalny, yang dilarang ikut pemilihan presiden Maret lalu, telah dipenjara satu bulan pada Juni lalu. Dia dipenjara setelah mengorganisir demonstrasi sebelum pelantikan Putin sebagai presiden Rusia pada bulan Mei.

Dia dibebaskan dari penjara pada hari yang sama saat Piala Dunia dimulai di Rusia.

Aktivis anti-korupsi berusia 42 tahun ini pernah menghadapi serangkaian dakwaan sejak menjadi tokoh oposisi terkemuka yang berkampanye menentang pemerintahan Putin dalam demonstrasi massa pada tahun 2011 dan 2012.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3218 seconds (0.1#10.140)