Scott Morrison Perdana Menteri Australia yang Baru

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 11:16 WIB
Scott Morrison Perdana Menteri Australia yang Baru
Scott Morrison Perdana Menteri Australia yang Baru
A A A
CANBERRA - Menteri Keuangan Australia Scott Morrison terpilih menjadi Perdana Menteri yang baru menggantikan Malcolm Turnbull. Morrison memenangkan pemungutan suara partai Liberal, Jumat (24/8/2018), dengan mengalahkan mantan menteri dalam negeri Peter Dutton dan Menteri Luar Negeri Julie Bishop.

Seperti dikutip dari Reuters, Morrison menjadi perdana menteri keenam Australia dalam waktu kurang dari 10 tahun. Terpilihnya Morrison mengakhiri prahara di dalam tubuh partai itu jelang pemilihan umum yang akan dilangsungkan pada Mei 2019.

Suksesi kepemimpinan di Partai Liberal dipicu oleh tantangan yang dilontarkan oleh Peter Dutton terhadap mantan Perdana Menteri Malcolm Turnbull pada Selasa lalu. Namun tantangan ini tidak berhasil di mana Dutton nyaris kehilangan suara melawan Turnbull.

Namun, di bawah tekanan kuat untuk mengadakan pemungutan suara kedua kalinya, Turnbull mengadakan pertemuan partai pada hari ini. Itu dilakukan setelah menerima surat yang ditandatangani oleh mayoritas anggota partai yang menyerukan perubahan pemimpin.

Sebelum pemungutan suara, Turnbull mengatakan, jika dia kehilangan posisi perdana menteri dia akan mengundurkan diri dari parlemen, meninggalkan pemerintahan baru menghadapi pemilihan sela untuk kursinya yang bisa berujung pada hilangnya satu kursi kelompok mayoritas.

Media Australia melaporkan bahwa menteri luar negeri Bishop, yang kalah dalam pemilihan, kemungkinan juga akan mengundurkan diri dari politik.

Turnbull memegang kekuasaan setelah melakukan 'kudeta' pada bulan September 2015. Sebagai seorang mantan bankir sosial liberal dan multi-miliarder, ia telah berjuang untuk mengajukan banding ke pemilih konservatif dan hanya memenangkan pemilihan umum pada tahun 2016.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6262 seconds (0.1#10.140)