Bahasa Kuno Paling Misterius di Dunia

Senin, 13 Agustus 2018 - 11:37 WIB
Bahasa Kuno Paling Misterius di Dunia
Bahasa Kuno Paling Misterius di Dunia
A A A
Bahasa telah muncul sejak ratusan ribu tahun lalu dengan berbagai macam evolusi. Seiring berjalannya waktu, ada bahasa yang tetap bertahan, ada yang punah. Bahasa yang lenyap ditelan zaman disebabkan sejumlah faktor, di antaranya terlalu sulit digunakan, tidak teridentifikasi, atau menghilang begitu saja. Berikut bahasa kuno misterius di dunia.

BAHASA ZHANGZHUNG, Asia Tengah/Tibet
Salah satu bahasa kuno dari Asia. Bahasa yang dulu digunakan oleh masyarakat Tibet ini dipercaya sebagai bahasa kuno ZhangZhung. Namun, karena terbatasnya dokumen yang ditemukan, keberadaan bahasa ini masih dianggap kontroversial.

BAHASA NAM, Asia Tengah/Tibet
Bahasa Nam juga berasal dari Tibet. Sama seperti bahasa ZhangZhung, dokumen tentang bahasa ini yang ditemukan hanyalah beberapa surat dan manuskrip. Menerjemahkan bahasa ini masih menjadi hal mustahil.

BAHASA SIDETIC, Yunani
Bahasa Sidetic adalah bahasa Anatolia kuno (sekitar Yunani) yang misterius karena tidak banyak yang telah didokumentasikan tentang hal itu. Diyakini bahwa bahasa itu pernah diucapkan di situs bersejarah Side di pantai Pamphylia di Anatolia. Keberadaan bahasa hanya diketahui setelah ditemukannya koin dan prasasti yang ditemukan di situs tersebut yang berasal dari abad ke-2 hingga abad ke-5 SM.

BAHASA HARAPPAN, India/Pakistan
Bahasa ini dulunya telah digunakan sejak zaman perunggunya peradaban Harappan di negara yang sekarang dikenal sebagai India. Saking misteriusnya bahasa ini, para peneliti berkelakar bahwa hanya mesin waktu yang dapat memecahkan misteri ini.

BAHASA ELAMITE, Iran
Bahasa Elamite adalah bahasa kuno Elam dari Iran. Bahasa ini pernah digunakan sejak 2.800 hingga 550 SM. Bahasa ini disebut sebagai 'bahasa terisolasi' karena tidak ada sejarah sama sekali dengan bahasa lain. Ada beberapa manuskrip yang telah dicoba untuk diterjemahkan namun tidak berhasil karena hasil terjemahannya tidak masuk akal.

BAHASA PICENE UTARA, Italia
Bahasa yang digunakan pada milenium pertama sebelum masehi ini dulunya dipakai di negara yang sekarang dikenal dengan nama Italia. Walaupun bahasa ini dapat ditulis menggunakan simbol yang sudah dipelajari oleh para ahli, namun ketika diterjemahkan, bahasa ini tidak memiliki arti apa-apa. Para peneliti belum berhasil memecahkan bahasa ini.

BAHASA ORANG MINOA, CRETE, Yunani
Bahasa ini diduga berawal dari peradaban Minoa. Sama seperti peradabannya, bahasa ini juga belum memiliki titik terang. Salah satu bahasa yang ditemukan 1000 tahun setelah peradaban ini, Eteocretan, diduga memiliki hubungan bahasa dengan bahasa masyarakat peradaban Minoa. Uniknya bahasa Eteocretan ini mempunyai penulisan yang mirip dengan bahasa Yunani.

BAHASA IBERIA, Portugal/Spanyol
Seperti namanya, bahasa ini diperkirakan muncul di lingkungan masyarakat Semenanjung Iberia (Portugal-Spanyol) sekitar abad ke 7 dan 1 sebelum masehi (SM). Bahasa ini masuk dalam catatan sejarah Roma dan Yunani. Sayangnya, karena cuma beberapa penggalan yang ditemukan, para ahli masih sulit mengidentifikasi bahasa ini.

BAHASA RAPA NUI, Polinesia Timur
Rapa Nui adalah bahasa asli yang digunakan di Pulau Rapa Nui, juga dikenal sebagai Pulau Paskah. Ini adalah bahasa Polinesia Timur yang hampir punah. Rongorongo adalah naskah yang ditemukan di Pulau Paskah pada abad ke-19.

BAHASA EPI-OLMEC, Amerika Tengah
Bahasa yang mirip dengan bahasa suku Maya ini diperkirakan digunakan pada tahun 500 SM sampai tahun 500 Masehi (M). Bahasa ini rencananya akan diteliti pada 1993 lalu, namun karena kurangnya peninggalan manuskrip tentang bahasa ini penelitian tersebut ditunda. Sampai sekarang bahasa ini masih misterius.

NEGARA DENGAN BAHASA TERBANYAK

1. PAPUA NUGINI
Papua Nugini memiliki jumlah bahasa hingga dua kali lipat lebih banyak ketimbang seluruh bahasayang dipakai di Eropa. Meski jumlahbahasamereka lebih dari 800 jenis, tiap-tiap bahasanya hanya memiliki kurang dari 1.000 orang pengguna. Bahasa resmi yang mereka gunakan disebut Tok Pisin dalambahasasetempat.

2. INDONESIA
Indonesia memiliki 707 bahasa. Sayang, meski kaya dengan keragamanbahasa, sekitar 98bahasa lokal terancam punah. Bahasa Indonesiasendiri memiliki akar kuat dari BahasaMelayu

3. NIGERIA
Bahasa resmi Nigeria adalah Inggris namun mereka memiliki keragamanbahasa yang luar biasa. Beberapa bahasalokal yang paling banyak digunakan adalah Igbo dan Yoruba. Untuk urusan resmi dan pemerintahan biasanya mereka memakai Bahasa Inggris

4. INDIA
Sebagai negara yang dahulu pernah dijajah Inggris, tak heran kini India memiliki duabahasa resmi yaitu Hindi dan Inggris. India mengaku tidak punyabahasanasional namunbahasaresmi yang mereka pakai adalah Hindi karena digunakan oleh mayoritas populasi

5. AMERIKA SERIKAT
Dari bahasadi Amerika Serikat sebanyak 422 buah, ternyata 211 di antaranya merupakan bahasayang dibawa oleh para imigran. Bahasa Inggris merupakanbahasa paling banyak digunakan. Sebanyak 80% penduduk Amerika Serikat hanya menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari

6. CHINA
Sebanyak 70% masyarakat China memakai dialek Mandarin. Sisanya 30% memakai berbagai macam dialek khas masing-masing. Sama seperti di Indonesia, China memiliki dialek sangat banyak namun Bahasa Mandarin standar dijadikanbahasa utama, sama seperti kedudukan Bahasa Indonesia.

7. MEKSIKO
Dari 289bahasa yang dimiliki oleh Meksiko, sebanyak 280 di antaranya merupakanbahasa asli masyarakat setempat. Namun, hampir semua populasi Meksiko, sebanyak 99,3% berbicara dalam bahasaSpanyol.

8. KAMERUN
Kamerun memiliki duabahasa yang paling sering digunakan yaitu Inggris dan Prancis.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4836 seconds (0.1#10.140)