Kemlu RI Lakukan Evakuasi WNA dari Lombok

Selasa, 07 Agustus 2018 - 17:50 WIB
Kemlu RI Lakukan Evakuasi...
Kemlu RI Lakukan Evakuasi WNA dari Lombok
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, Tim Penanganan warga negara asing (WNA) mereka, yang bekerja sama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) telah melakukan evakuasi WNA dari Lombok.

"Tim Penanganan WNA Kemlu bekerja sama dengan Basarnas dan penduduk lokal Gili telah mengevakuasi lebih dari 350 orang, dimana sekitar 90 persennya adalah WNA," kata Kemlu RI dalam sebuah pernyataan yang diterima Sindonews pada Selasa (7/8).

"Tim Penanganan WNA telah melakukan upaya evakuasi dari Bangsal sejak kemarin siang. Jumlah WNA di ketiga Pulau Gili adalah sekitar 2.000 orang dan lebih dari 1.800 orang WNA telah dievakuasi," sambungnya.

Kemlu RI menyatakan, sejumlah Kedutaan Besar (kedubes) asing telah mengajukan permintaaan bantuan untuk mengevakuasi warga mereka dari Lombok.

Mereka menuturkan, dari 70 permohonan bantuan WNA telah diterima selama dua hari ini, termasuk permohonan bantuan dari Kedubes Inggris, Perancis, Italia, Finlandia, Spanyol, Jepang, Ceko, Portugal dan lain-lain.

"Nomor Foreign Visitors Help Desk Kemlu(+62 878-6412-4151) juga menerima permohonan bantuan langsung dari relasi para WNA dari negara Jerman, Inggris, AS, Belgia, Spanyol, Portugal, Jepang, Perancis, Yunani, Belanda, Oman, Kuwait," tukasnya.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)