Kanada Minta Penjelasan Saudi Soal Pengusiran Dubes

Senin, 06 Agustus 2018 - 21:54 WIB
Kanada Minta Penjelasan Saudi Soal Pengusiran Dubes
Kanada Minta Penjelasan Saudi Soal Pengusiran Dubes
A A A
OTTAWA - Pemerintah Kanada mengaku akan mencoba meminta penjelasan dari Arab Saudi mengenai pengusiran Duta Besar dan juga pembekuan semua transaksi perdagangan dan investasi baru Kanada di sana.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada, Marie-Pier Baril menyatakan, mereka akan mencoba mencari kejelasan mengenai situasi ini. Namun, dia juga menegaskan, bahwa Kanada akan selalu mendukung perlindungan HAM dan membela hak untuk menyampaikan pendapat.

"Kanada akan selalu membela perlindungan hak asasi manusia, termasuk hak-hak perempuan dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia. Kami akan mencoba mencari penjelasan dari pemerintah Saudi," ucap Baril, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/8).

Seperti diketahui, Saudi mengusir dubes Kanada dan membekukan semua transaksi perdagangan dan investasi baru dengan Kanada, setelah penangkapan aktivis HAM di Saudi dikritik.

Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan, Dubes Kanada Dennis Horak berstatus persona non-grata dan diberi waktu 24 jam untuk hengkang dari negara Muslim tersebut.



Riyadh juga telah menarik pulang Dubes-nya yang bertugas di Ottawa. Awalnya, pemerintah Kanada menyampaikan keprihatinan atas penangkapan para aktivis perempuan yang menyuarakan HAM di Saudi.

Riyadh menyatakan kritik Kanada tentang penangkapan para aktivis masyarakat sipil negatif dan tidak adil terhadap kebenaran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)