Peneliti China Dituduh Berkomplot Curi Teknologi Beras AS

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 06:23 WIB
Peneliti China Dituduh Berkomplot Curi Teknologi Beras AS
Peneliti China Dituduh Berkomplot Curi Teknologi Beras AS
A A A
CHICAGO - Dua peneliti pertanian dari China didakwa berupaya mencuri teknologi beras Amerika Serikat (AS) untuk digunakan dalam bidang medis. Upaya tersebut dilakukan pada tahun 2013 lalu.

Hal itu terungkap dalam persidangan yang digelar di Distrik Timur Arkansas pada Jumat waktu setempat.

"Juri Agung AS menuntut Liu Xuejun, 49, dan Sun Yue, 36 tahun, karena konspirasi untuk mencuri rahasia dagang dan konspirasi untuk melakukan transportasi antarnegara terhadap barang curian," menurut Kantor Pengacara AS untuk Distrik Timur Arkansas seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (4/8/2018).

Pengacara untuk Liu dan Sun tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Sedangkan Kedutaan Besar China di Washington juga tidak dapat segera dihubungi.

Tuduhan datang ketika AS dan China telah menampar tarif impor barang bernilai miliaran dolar dari barang satu sama lain dalam perang dagang yang meningkat. AS menuduh bahwa China mencuri rahasia perusahaan AS dan ingin menghentikannya.

"Dakwaan hari ini terhadap Liu dan Sun seharusnya tidak luput dari perhatian orang-orang yang berusaha mencuri rahasia dan teknologi perdagangan kami," kata Diane Upchurch, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor lapangan FBI di Little Rock, Arkansas.

Dalam beberapa tahun terakhir, para pejabat penegak hukum AS telah mendesak para eksekutif dan petugas keamanan pertanian untuk meningkatkan kewaspadaan mereka dan melaporkan kegiatan mencurigakan yang melibatkan produk pertanian, dengan alasan ancaman keamanan ekonomi dan nasional yang semakin besar terhadap sektor ini.

Liu dan Sun melakukan perjalanan ke AS untuk mengunjungi pusat penelitian dan produksi beras, termasuk di Arkansas dan Kansas, kata pejabat AS. Dalam perjalanan kembali ke China, agen bea cukai AS menemukan biji beras curian di bagasi mereka.

Benih-benih tersebut direkayasa oleh perusahaan bernama Ventria Bioscience untuk mengandung protein tertentu yang dapat dikeluarkan dari beras dan digunakan dalam obat-obatan dan produk farmasi.

"Penting bahwa kekayaan intelektual ini dihormati dan dilindungi dari para pencuri agar Ventria dapat mempertahankan dirinya dan terus berkembang sebagai sebuah bisnis," kata Scott Deeter, chief executive officer Ventria, kepada Reuters melalui email.

Menurut jaksa, perjalanan para peneliti tersebut disponsori oleh dua ilmuwan pertanian lainnya dari China, Weiqiang Zhang dan Wengui Yan. Zhang dan Yan, yang bekerja di AS, sebelumnya telah divonis sehubungan dengan kasus ini dan dijatuhi hukuman penjara.

"Kami tetap waspada dalam upaya kami untuk melindungi kekayaan intelektual dan nyata dari pencurian oleh negara lain," kata Cody Hiland, Jaksa AS untuk Distrik Timur Arkansas.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6836 seconds (0.1#10.140)
pixels