Temui Pompeo, Menlu Turki Tegaskan Sanksi Tidak Berpengaruh pada Ankara

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 16:37 WIB
Temui Pompeo, Menlu Turki Tegaskan Sanksi Tidak Berpengaruh pada Ankara
Temui Pompeo, Menlu Turki Tegaskan Sanksi Tidak Berpengaruh pada Ankara
A A A
ANKARA - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menegaskan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, bahwa kebijakan ancaman dan sanksi tidak akan berpengaruh pada Turki. Dia juga menyatakan, kebijakan semacam itu tidak menguntungkan semua pihak.

"Kami telah mengatakan dari awal, bahwa bahasa mengancam dan sanksi kepada pihak lain tidak akan mendapatkan hasil. Kami mengulangi hal tersebut hari ini," kata Cavusoglu, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (3/8).

Seperti diketahui, AS menjatuhkan sanksi kepada Menteri Kehakiman Turki, Abdulhamit Gul dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, atas penahanan Pastor Andrew Brunson di negara itu. Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, para pejabat tinggi Turki itu telah memainkan peran utama dalam penangkapan dan penahanan Brunson pada 2016 lalu.

Sebelumnya, Cavusoglu mengatakan, langkah AS menjatuhkan sanksi kepada sejumlah pejabat Turki tidak akan dibiarkan tanpa pembalasan. Dia menyatakan, Ankara akan memberikan respon yang memadai terhadap sanksi AS tersebut.

"Langkah AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap dua menteri kami tidak akan dibiarkan begitu saja. Kami tidak akan dapat menyelesaikan masalah kami, kecuali pemerintah AS menyadari bahwa upaya untuk mendorong tuntutan ilegal melalui metode seperti itu sia-sia," ucap Cavusoglu.

Sementara itu, anggota parlemen Rusia mengkritik langkah AS tersebut, dengan menyebutnya sebagai langkah kontraproduktif dan merusak. Wakil Kepala Komite Internasional Duma Negara, Alexay Chepa, mengatakan bahwa memberlakukan sanksi telah menjadi semacam rutinitas AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5832 seconds (0.1#10.140)