Donald Trump: Kim Jong-un Membuat Kemajuan Luar Biasa

Jum'at, 27 Juli 2018 - 06:28 WIB
Donald Trump: Kim Jong-un Membuat Kemajuan Luar Biasa
Donald Trump: Kim Jong-un Membuat Kemajuan Luar Biasa
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang telah membuat kemajuan besar setelah pertemuan bersejarah mereka di Singapura, 12 Juni lalu. Pujian itu disampaikan Trump dalam pidatonya di Granite City, Illinois.

"Kim Jong-un membuat kemajuan luar biasa," kata Trump di hadapan para pendukungnya, hari Kamis waktu setempat.

"Selama sembilan bulan, tidak ada uji coba nuklir, tidak ada roket yang naik, tidak ada rudal yang melintas di Jepang," lanjut Trump, dikutip Sputnik, Jumat (27/7/2018).

Pada 12 Juni, Trump dan Kim bertemu untuk pertama kali di Singapura. Mereka menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa Korea Utara akan melakukan denuklirisasi dengan imbalan penangguhan latihan militer AS-Korea Selatan. Pyongyang juga akan mendapat keringanan sanksi jika denuklirisasi dijalankan.

Gedung Putih tidak menentukan tenggat waktu untuk melaksanakan semua item yang disepakati dalam perjanjian tersebut.

Namun, Trump mengakui bahwa tidak ada yang tahu apa yang akhirnya akan terjadi terkait krisis nuklir Korea Utara dan bagaimana semuanya akan berakhir.

Trump mengklaim bahwa pendahulunya, mantan Presiden Barack Obama, siap berperang dengan Korea Utara. Trump mempertanyakan Obama apakah dia pernah mencoba mengadakan diskusi dengan Kim Jong-un, karena bertemu dan berbicara dengan pemimpin Pyongyang itu ternyata menyenangkan.

Presiden AS itu menambahkan bahwa dia menjalin hubungan yang sangat baik dengan Kim Jong-un, meskipun ada kritik media pada awal pertemuan bersejarah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6848 seconds (0.1#10.140)