Tiga Kapal Perang Canggih dan 49 Rudal Jelajah Kalibr Perkuat AL Rusia

Selasa, 24 Juli 2018 - 08:00 WIB
Tiga Kapal Perang Canggih dan 49 Rudal Jelajah Kalibr Perkuat AL Rusia
Tiga Kapal Perang Canggih dan 49 Rudal Jelajah Kalibr Perkuat AL Rusia
A A A
MOSKOW - Tiga buah kapal perang canggih dan 49 rudal jelajah Kalibr termasuk perangkat keras yang ditambahkan ke Angkatan Laut (AS) Rusia dalam enam bulan pertama tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

"Akuisisi angkatan laut baru termasuk tiga kapal tempur yang baru dibangun, dua kapal pendukung, dan satu kapal perang yang telah mengalami perbaikan, serta sistem pertahanan rudal pesisir Bastion," kata Deputi Menteri Pertahanan Alexey Krivoruchko.

"Sebanyak 49 rudal jelajah taktis Kalibr dan empat rudal anti-kapal juga mulai beroperasi pada 2018," tambahnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (24/7/2018).

Rudal Kalibr dapat menghantam kapal, kapal selam dan fasilitas pantai. Rudal tersebut mempunyai kecepatan subsonik, dengan beberapa versinya mampu melakukan sprint supersonik di fase akhir serangan, memberikan sistem pertahanan target lebih sedikit waktu untuk bereaksi.

Salah satu kapal baru, kapal pengintai sedang, Ivan Khurs, saat ini sedang berlabuh di sebuah pangkalan di Kronshtadt di Pulau Kotlin di Teluk Finlandia. Kapal tersebut tengah dipersiapkan untuk parade utama Hari Angkatan Laut.

"Kapal ini sepenuhnya siap untuk menyelesaikan misi yang ditugaskan, termasuk menyediakan komunikasi dan komando armada dan kontrol, melakukan pengintaian radio-teknis, dan melakukan peperangan elektronik," ujar Kapten Grigory Chernetsky, komandan Brigade ke-13 Armada Baltik Pangkalan angkatan laut Leningrad.

Sementara kapal korvet rudal Vyshny Volochyok ditugaskan ke Armada Laut Hitam, yang bermarkas di kota Crimea Sevastopol.

"Kapal perang ini dilengkapi dengan sistem serangan modern, rudal, pertahanan udara dan artileri, dan telah berhasil melewati semua jenis percobaan di Laut Hitam," kata Kapten Igor Vorobyov, komandan Brigade ke-41 dari Kapal Rudal Hitam Angkatan Laut Crimea Sea Fleet.

Angkatan Laut Rusia juga diperkirakan akan menerima lead frigate 'Admiral Gorshkov' pada saat parade utama Hari Angkatan Laut pada 29 Juli. Berbekal rudal jelajah Kalibr dan Oniks, Proyek 22350 kapal perang mempunyai 4.500 ton dan dapat mencapai kecepatan 29 knot (sekitar 58kph). Rusia mengharapkan dapat menempatkan enam frigat jenis ini ke dinas militer pada 2025.

Pawai Hari Angkatan Laut secara tradisional diadakan di St. Petersburg pada hari Minggu terakhir bulan Juli. Kapal perang dan kapal dari Armada Laut Baltik, Pasifik, Laut Utara dan Hitam akan mengambil bagian dalam pertunjukan tahun ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7668 seconds (0.1#10.140)