Kapal Selam Spanyol Terlalu Besar untuk Galangan Kapal

Kamis, 19 Juli 2018 - 13:45 WIB
Kapal Selam Spanyol Terlalu Besar untuk Galangan Kapal
Kapal Selam Spanyol Terlalu Besar untuk Galangan Kapal
A A A
CARTAGENA - Upaya mengerahkan kapal selam baru untuk angkatan laut Spanyol kembali gagal karena kapal selam itu tidak pas di galangan kapal.

Kapal selam S-80 itu didesain ulang dengan dana yang besar setelah mengalami masalah daya apung. Proses perbaikan kapal selam itu pun terus berlarut-larut.

Surat kabar El Pais kini melaporkan, setelah berbagai perubahan, galangan kapal di Cartagena tidak lagi cukup untuk memuat kapal selam itu. Biaya untuk perbaikan kapal selam itu pun hampir dua kali lipat dari perkiraan awal.

“Diperkirakan biaya untuk setiap kapal selam S-80 "Plus" mendekati 1 miliar euro,” papar laporan El Pais.

Masalah awal pada kapal selam itu diketahui pada 2013, saat ditemukan bahwa kapal selam itu sekitar 100 ton lebih berat dibandingkan rancangan semula. Bobot itu menjadi masalah untuk kemampuan mengapungnya sehingga kapal selam itu dapat turun ke bawah air tapi mungkin tidak dapat naik lagi.

Seorang pejabat Spanyol menjelaskan, seseorang telah menempatkan tanda koma di tempat yang salah. “Tak seorang pun memberi perhatian untuk meninjau ulang kalkulasi itu,” kata sumber tersebut.

Kesalahan tanda koma itu pun mengakibatkan biaya mencapai 14 juta euro saat para insinyur dan konsultan menemukan bahwa kemampuan mengapung dapat diperbaiki dengan memanjangkan ukuran kapal selam.

Desain awal dari perusahaan pertahanan negara Navantia adalah kapal selam itu memiliki panjang 71 meter dan bobot 2.200 ton. Sekarang, kapal selam S-80 memiliki panjang 81 meter dan bobot 3.000 ton.

Akibatnya, pangkalan di Cartagena harus didesain ulang untuk dapat menampung kapal selam yang lebih panjang tersebut. “Ada kekurangan dalam proyek itu. Mereka telah diperbaiki dan proyek itu layak,” papar Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)