Negara dengan Lulusan Pendidikan Tinggi Terbanyak di Dunia

Selasa, 03 Juli 2018 - 08:00 WIB
Negara dengan Lulusan...
Negara dengan Lulusan Pendidikan Tinggi Terbanyak di Dunia
A A A
Pendidikan merupakan pilar peradaban manusia tak terkecuali pendidikan tinggi.

Pada abad ke-21, menurut Bank Dunia, pendidikan tinggi mencakup semua pendidikan pasca sekolah menengah yang mencakup semua jenis perguruan tinggi, sekolah kejuruan, dan lembaga pelatihan lain baik negeri maupun swasta.

Berikut 10 negara dengan lulusan perguruan tinggi terbanyak di 2018.

1. Rusia
Di Universitas Negeri Moskow sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Rusia, ada sekitar 8.000 tenaga pengajar dengan lebih dari 40.000 mahasiswa. Melihat data ini tidak mengherankan bahwa Rusia bertengger di urutan pertama negara dengan persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi pada 2018. Saat ini negeri beruang merah memiliki sekitar 900 universitas, 366 swasta, dan 530 negeri.

2. Australia
Di Australia, dari 41 universitas, 37 di antaranya adalah universitas negeri. Dalam masalah biaya, Australia menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah termahal untuk siswa internasional yakni rata-rata USD38.000 per tahun.

3. Selandia Baru
Berada di antara negara-negara teratas dengan persentase lulusan perguruan tinggi terbanyak di 2018, empat dari lima warga Selandia Baru menempuh pendidikan tinggi. Semua kelompok usia khususnya dari 15 hingga 65 tahun keatas bisa mengecap pendidikan tersier. Universitas di negeri Kiwi disebut-sebut berada di peringkat 3% teratas di seluruh dunia.

4. Jepang
Sekitar 70% lulusan sekolah menengah di Jepang melanjutkan ke pendidikan tinggi. Sebanyak 12 dari 69 universitas di negeri matahari terbit ini menduduki peringkat teratas 100 universitas terbaik di Asia. Di antara perguruan tinggi terbaik itu adalah Universitas Tokyo.

5. Denmark
Dengan kualitas pendidikan tingginya serta persentase orang-orang dengan pendidikan tinggi, menempatkan Denmark sebagai salah satu negara dengan persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di 2018. Sistem pendidikan Denmark juga menempati urutan ke-3 terbaik di dunia.

6. Turki
Meskipun tidak memiliki pendidikan berkualitas, Turki memiliki lulusan perguruan tinggi salah satu terbanyak di dunia. Mengenai pendidikan tersier, ada 104 universitas negeri dan 62 universitas swasta. Perguruan tinggi swasta di Turki beroperasi sejak 1984, dimana sekitar 40% mahasiswanya dibiayai dengan beasiswa.

7. Spanyol
Spanyol memiliki 76 universitas yang sebagian besar adalah universitas negeri. Sekitar 40,9% populasi Spanyol usia 30-34 tahun memiliki pendidikan tersier, dimana perempuan berdiri di atas tanah lebih tinggi daripada laki-laki. Sekitar 8,4% siswa di universitas Spanyol adalah mahasiswa asing.

8. Slovenia
Di negara kecil di pegunungan pegunungan Alpen ini warga negaranya sangat peduli dengan pendidikan. Itulah sebabnya Slovenia memiliki persentase lulusan perguruan tinggi sangat besar. Universitas negeri utama di Slovenia adalah Universitas Ljubljana, Universitas Maribor, dan Universitas Primorska. Sedangkan salah satu universitas swasta terbaik di negara ini adalah Universitas Nova Gorica.

9. Amerika Serikat (AS)
AS menempati peringkat teratas salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Beberapa universitas top dunia seperti Universitas Harvard, MIT, Universitas Stanford, serta Universitas Yale berlokasi di negara ini.

10. Lituania
Dengan 54% tingkat kelulusan dalam pendidikan tinggi, Lithuania layak mendapat tempat yang layak di antara negara-negara teratas dengan persentase tertinggi lulusan perguruan tinggi pada 2018. Dengan populasi hanya 2,86 juta, jumlah siswa terdaftar di pendidikan tinggi sekitar 66%. Meski demikian, universitas di Lituania bukan termasuk di peringkat teratas di dunia. (Sumber: insidermonkey.com)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)