Israel Tembakkan Rudal Patriot ke Pesawat Drone Suriah

Minggu, 24 Juni 2018 - 20:44 WIB
Israel Tembakkan Rudal Patriot ke Pesawat Drone Suriah
Israel Tembakkan Rudal Patriot ke Pesawat Drone Suriah
A A A
TEL AVIV - Militer Israel menembakkan rudal anti pesawat Patriot ke sebuah pesawat tak berawak (drone) yang terbang dari wilayah Suriah. Pesawat tersebut kemudian berbalik tanpa kerusakaan apapun.

"Kami tidak akan membiarkan pelanggaran kedaulatan udara kami," kata tentara keamanan Israel, IDF, seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (24/6/2018).

Menurut surat kabat Haaretz, sebelum peluncuran, penduduk di wilayah Galilea Hulu di Israel utara menyaksikan ledakan dan jejak asap.

"Rudal Patriot diluncurkan ke sebuah kendaraan udara tak berawak yang mendekat dari Suriah. Pesawat tak berawak itu kembali ke perbatasan tanpa kerusakan," sambung IDF dalam siaran persnya.

Sementara itu seorang komandan Suriah mengatakan drone itu terlibat dalam operasi lokal.

"Drone itu untuk operasi di Suriah barat daya di sekitar tempat pertempuran berlangsung," kata seorang komandan dalam aliansi regional yang mendukung Presiden Bashar al-Assad seperti disitir dari Reuters.

Tentara Suriah dengan bantuan pasukan sekutu telah memobilisasi pasukan dan mengirim bala bantuan dalam kampanye militer yang meluas untuk mendapatkan kembali wilayah yang dikuasai pemberontak di dekat daerah tempat pesawat tak berawak itu menjadi sasaran dan di sepanjang perbatasan dengan Yordania.

Milisi yang didukung Iran diyakini mendukung serangan tentara Suriah terhadap serangkaian kota yang dikuasai pemberontak di provinsi Quneitra dekat perbatasan Israel, menurut sumber intelijen Barat.

Kawasan barat daya menjadi perhatian strategis bagi Israel yang bersekutu dengan AS, yang tahun ini meningkatkan serangan terhadap milisi dukungan Iran yang bersekutu dengan Presiden Bashar al Assad.

Israel mengatakan akan terus menargetkan aset Iran di Suriah dengan tujuan memaksa Teheran keluar dari negara yang dilanda perang itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2986 seconds (0.1#10.140)