Gunung Kilauea Meletus, Hawaii Tetapkan Situasi Darurat

Jum'at, 04 Mei 2018 - 15:47 WIB
Gunung Kilauea Meletus, Hawaii Tetapkan Situasi Darurat
Gunung Kilauea Meletus, Hawaii Tetapkan Situasi Darurat
A A A
HAWAII - Gunung berapi Kilauea yang berada di Hawaii meletus, Jumat (4/5/2018). Pihak otoritas Hawaii pun memberlakukan keadaan darurat dan melakukan evakuasi wajib terhadap 1.700 penduduk setempat.

Dikutip dari BBC, Palang Merah Amerika telah membuka tempat penampungan evakuasi para korban.

Letusan ini mengikuti serangkaian gempa bumi kuat yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Sebuah lubang kawah gunung berapi - yang dikenal sebagai Puu Oo - runtuh awal pekan ini, mengirimkan lava menuruni lereng gunung menuju daerah-daerah berpenduduk.

Rekaman close-up yang diambil dengan menggunakan drone menunjukkan lava meledak dari celah di lingkungan perumahan berhutan dan mengalir di jalan.

Gubernur Hawaii David Ige mengatakan dia telah mengaktifkan militer cadangan dari Garda Nasional untuk membantu mengevakuasi ribuan orang.

"Harap waspada dan siap-siap untuk menjaga keluarga Anda aman," katanya di Twitter kepada penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi seperti dikutip dari Reuters.

Pabrik Panas Bumi Puna telah ditutup, menurut media lokal, sementara Hawaii Electric Light mengatakan para pekerjanya telah memadamkan listrik di daerah yang terkena dampak aliran lahar aktif.

Gunung Api Kilauea telah meletus hampir terus menerus selama lebih dari tiga dekade. Lava mengalir dari gunung berapi, satu dari lima gunung di pulau itu, telah menyelimuti wilayah seluas 125 km persegi itu, menurut Survei Geologi AS. Ujung lava dapat mencapai suhu sekitar 1.150 Celcius.

Pejabat setempat juga mengatakan telah menutup area pandang gunung berapi, sementara sebagian Taman Nasional Gunung Api Hawaii juga ditutup.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6571 seconds (0.1#10.140)