Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA

Kamis, 26 April 2018 - 06:56 WIB
Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA
Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia menawarkan beasiswa bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat). Beasiswa ini diberikan bagi mereka yang ingin melanjutkan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, atau Speciallized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2019 (April 2019) mendatang.

Pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja. Sebelum masuk universitas, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) pada tahun pertama kedatangannya di Jepang.

"Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA)," kata Kedubes Jepang dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (26/4/2018).

Fasilitas yang akan didapat dari beasiswa ini adalah biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan. Selian itu, penerima beasiswa juga mendapatkan tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas

Pendaftaran akan dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama pada 20 April - 2 Mei 2018. Tahap ini hanya diperuntukkan bagi pelamar lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya, selama masih memenuhi persyaratan umur. Sedangkan tahap kedua di mulai pada 11 Mei - 25 Mei 2018 yang diperuntukkan hanya bagi pelamar lulusan tahun 2018 saja.

Adapun syarat-syarat pelamar adalah WNI, lulusan SMA, SMK atau sederajat, lahir antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 2002, nilai minimal rata-rata Ujian Nasional: 84 untuk program GAKUBU, 80 untuk program KOSEN (hanya terbuka untuk SMA/SMK Jurusan IPA saja), dan 80 untuk program SENSHU.

"Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci, mohon membaca di website Kedutaan Besar Jepang," demikian rilis Kedubes Jepang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3772 seconds (0.1#10.140)