Jepang Serah Terimakan Gedung Pemuda Harapan Bangsa

Kamis, 12 April 2018 - 01:56 WIB
Jepang Serah Terimakan Gedung Pemuda Harapan Bangsa
Jepang Serah Terimakan Gedung Pemuda Harapan Bangsa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besarnya di Indonesia menyerahterimakan fasilitas gedung pendidikan non-formal yang dibangun di kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pembangunan ini menggunakan bantuan hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang.

Acara serang terima ini diadakan pada Rabu (11/4/2018). Hadir dalam acara itu Wakil Duta Besar Jepang Bidang Perekonomian sebagai wakil dari pihak Jepang Mari Takada, serta Bapak Simplisius, Ketua PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa, Bapak Bartolomeus Badar. Selain itu hadir Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Bapak Filmon Lulupoy, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Kupang sebagai wakil dari pihak Indonesia.

Renovasi tersebut dilaksanakan melalui “Proyek Perbaikan Fasilitas Pendidikan Non-formal di Desa Bello Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur” yang menggunakan skema bantuan hibah Grassroots Jepang. Nilai bantuan itu mencapai lebih dari Rp 710 juta, berdasarkan Kontrak Hibah yang telah ditandatangani antara Pemerintah Jepang dan PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa pada bulan Maret 2017 lalu.

PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa adalah fasilitas pendidikan non-formal yang ada di Kota Kupang, yang memberikan kesempatan belajar bagi pemuda-pemudi yang drop-out dari sekolah, untuk mengikuti ujian kesetaraan paket A, paket B, dan paket C (Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan).

Karena tidak adanya ruang belajar, murid di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa yang berjumlah kurang lebih 100 orang, harus berdesak-desakkan belajar di ruang kantor PKBM sebagai pengganti ruang kelas. Namun ruangan tersebut terlalu sempit untuk memuat banyak murid, bahkan ada yang belajar sambil duduk di atas lantai, karena kurangnya meja dan kursi ataupun alat belajar lainnya.

"Untuk meningkatkan lingkungan pendidikan, Kami membangun gedung baru dan melengkapinya dengan meja, kursi, computer dan lain-lain," demikian pernyataan dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (12/4/2018).

Melalui bantuan ini, diharapkan adanya perbaikan lingkungan pendidikan bagi murid-murid di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa, juga dapat memberikan kesempatan belajar bagi lebih banyak pemuda-pemudi, sehingga meningkatkan tingkat melek huruf dan kondisi pendidikan, sampai dapat meningkatkan perekonomian daerah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)