Dianggap Sarang Mata-mata, Inggris Akan Tutup Misi Dagang Rusia

Sabtu, 31 Maret 2018 - 15:44 WIB
Dianggap Sarang Mata-mata, Inggris Akan Tutup Misi Dagang Rusia
Dianggap Sarang Mata-mata, Inggris Akan Tutup Misi Dagang Rusia
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris dilaporkan akan menutup kantor misi dagang Rusia yang berada di negara itu. Jika terjadi, penutupan diprediksi akan membuat ketegangan antara London dan Moskow semakin tinggi.

Menurut seorang sumber di pemerintahan Inggris, alasan pemerintah Inggris ingin menutup kantor misi dagang Rusia adalah karena Moskow menjadikan tempat itu sebagai sarang mata-mata Moskow.

"Pemerintah Inggris melihat misi perdagangan sebagai "sarang mata-mata"," kata sumber yang menolak disebutkan namanya tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (31/3).

Rusia memiliki empat kantor perwakilan di negara itu, termasuk sebuah kedutaan, sebuah misi perdagangan dan sebuah konsulat di London dan sebuah komplek diplomatik yagng berada di pinggiran London.

Sementara itu, terkait dengan kasus Sergei Skripal, Rusia telah memberikan respon atas pengusiran diplomat mereka oleh sejumlah negara karena kasus ini. Rusia mengusir 59 diplomat dari 23 negara pada hari Jumat dan telah "mencadangkan" hak untuk mengambil tindakan terhadap empat negara lainnya.

Rusia mengatakan pihaknya menanggapi apa yang disebut sebagai tuntutan tanpa dasar bagi sejumlah diplomatnya sendiri untuk meninggalkan banyak negara Barat. Sejumlah negara telah bergabung dengan London dan Washington dalam menyalahkan Moskow atas serangan racun atas Sergei Skripal dan putrinya Yulia.

Sehari sebelumnya, Moskow memerintahkan pengusiran 60 diplomat AS dan penutupan konsulat AS di St Petersburg, kota kedua Rusia, sebagai pembalasan atas pengusiran terbesar para diplomat sejak Perang Dingin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)