Iran Tangkap Mantan Wakil Ahmadinejad

Minggu, 18 Maret 2018 - 05:35 WIB
Iran Tangkap Mantan Wakil Ahmadinejad
Iran Tangkap Mantan Wakil Ahmadinejad
A A A
TEHERAN - Mantan wakil Presiden Iran era Mahmoud Ahmadinejad di tangkap sebagai bagian dari penyelidikan oleh pengadilan revolusioner negara tersebut. Demikian laporan media setempat.

Pada bulan November, Pengadilan Revolusioner Iran telah memanggil Esfandiar Rahim Mashaei untuk diperiksa terkait tuntutan pidana. Mashaei sempat memegang posisi wakil presiden di bawah Mahmoud Ahmadinejad setelah pemilu tahun 2009. Namun seminggu kemudian ia tiba-tiba dipecat.

Rahim Mashaei menghadapi tuduhan menyebarkan propaganda melawan rezim penguasa Iran, memfitnah Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, dan menghasut masyarakat untuk kebencian seperti dikutip dari Anadolu, Minggu (18/3/2018).

Ia pernah mencoba mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2013, namun pencalonannya diblokir oleh Dewan Konstitusi Wali Iran, yang memegang banyak kekuasaan di Negeri Mullah itu.

Secara terpisah, Hamid Baghaei, yang juga pernah bertugas di bawah pemerintahan Ahmadinejad dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan korupsi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6266 seconds (0.1#10.140)