Keinginan Trump Dikabulkan, AS Bakal Gelar Parade Militer

Sabtu, 10 Maret 2018 - 14:37 WIB
Keinginan Trump Dikabulkan, AS Bakal Gelar Parade Militer
Keinginan Trump Dikabulkan, AS Bakal Gelar Parade Militer
A A A
WASHINGTON - Keinginan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk menggelar parade militer di Washington tampaknya tercapai. Pentagon disebut telah menyetujui keinginan Trump tersebut, bahkan telah menetapkan tanggal pelaksanaannya.

Sebuah memo yang dikeluarkan Pentagon memutuskan bahwa parade militer akan digelar di Washington. Rencananya, acara tersebut akan digelar bertepatan dengan Hari Veteran yang jatuh pada 11 November.

Meski begitu, parade militer tersebut tidak akan menampilkan tank. Pentagon beralasan untuk meminimalkan kerusakan pada infrastruktur setempat. Kehadiran kendaraan berat seperti Tank dalam jumlah besar bisa merusak jalan di Distrik Columbia.

Namun acara tersebut akan memasukkan komponen atraksi di udara pada akhir parade, yang berarti banyak menampilkan pesawat terbang. Pesawat tua juga akan disertakan.

Memo dari kantor Menteri Pertahanan Jim Mattis itu menawarkan panduan perencanaan awal kepada ketua Kepala Staf Gabungan, yang stafnya akan merencanakan parade tersebut di sepanjang rute dari Gedung Putih ke Capitol, dan mengintegrasikannya dengan acara parade veteran tahunan di kota tersebut. Komando Utara, yang mengawasi pasukan AS di Amerika Utara, akan melaksanakan parade tersebut.

Memo Pentagon tidak termasuk perkiraan biaya parade. Direktur anggaran Gedung Putih baru-baru ini mengatakan kepada kongres bahwa biaya pembayar pajak bisa menjadi antara USD10 juta dan USD30 juta.

"Parade tersebut akan berfokus pada kontribusi veteran Amerika sepanjang sejarah militer AS, dimulai dengan Perang Revolusi, dan menyoroti evolusi veteran wanita dari Perang Dunia II sampai sekarang," menurut memo tersebut.

"Trump harus berada di area khusus di Capitol oleh para veteran dan penerima Medal of Honor," sambung memo tersebut seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (10/3/2018).

Sebelumnya, Trump memutuskan ingin mengadakan parade militer di Washington setelah menghadiri perayaan Hari Bastille Prancis di pusat kota Paris pada Juli lalu. Sebagai tamu undangan Presiden Perancis Emmanuel Macron, Trump menyaksikan dengan antusias dari posisinya saat militer Prancis memamerkan tank dan jet tempurnya, termasuk banyak pesawat buatan AS, di sepanjang Champs-Elysees yang terkenal.

Trump memuji penampilan Prancis beberapa bulan kemudian ketika dia dan Macron bertemu di New York, dengan mengatakan, "Kita harus mencoba dan melakukannya."

Baca Juga: Trump Inginkan Parade Militer di Washington

Trump menganggap parade tersebut, yang dikritik oleh beberapa anggota parlemen dari kedua partai politik AS, akan meningkatkan semangat Amerika.

"Kami memiliki negara besar dan kami harus merayakan negara kami," katanya kepada Fox News Channel dalam sebuah wawancara baru-baru ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5963 seconds (0.1#10.140)