Brasil Bersiap Kerahkan Banyak Tentara ke Perbatasan Venezuela

Jum'at, 09 Februari 2018 - 07:00 WIB
Brasil Bersiap Kerahkan Banyak Tentara ke Perbatasan Venezuela
Brasil Bersiap Kerahkan Banyak Tentara ke Perbatasan Venezuela
A A A
BOA VISTA - Pemerintah Brasil bersiap untuk mengerahkan banyak tentara ke wilayah yang berbatasan dengan Venezuela. Pengerahan banyak tentara ini akan dilakukan setelah banyak warga Venezuela yang kelaparan melarikan diri ke Brasil.

Menurut Menteri Pertahanan Brasil Raul Jungmann, pasukan negaranya bahkan sudah mulai merelokasi puluhan ribu pengungsi Venezuela yang sudah memadati wilayah Brasil utara.

Jungmann mengatakan sensus akan dilakukan untuk menetapkan berapa banyak orang Venezuela yang telah melintasi perbatasan guna mencari makanan, pekerjaan dan tempat tinggal di Boa Vista. Wali kota setempat mengatakan sekitar 40.000 pengungsi telah mempengaruhi layanan kesehatan kota dan layanan publik lainnya yang semestinya hanya untuk warga Boa Vista.

”Ini adalah drama kemanusiaan, warga Venezuela terusir dari negara mereka karena kelaparan dan kurangnya pekerjaan serta obat-obatan,” kata Jungmann kepada wartawan.

“Kami di sini untuk membawa bantuan pemerintah federal dan memperkuat perbatasan,” lanjut Jungmann, seperti dikutip Reuters, Jumat (9/2/2018).

Menteri Jungmann menambahkan, jumlah tentara Brasil yang dikerahkan di perbatasan akan dilipatgandakan dengan tambahan 200 personel.

Tetangga Venezuela, Kolombia telah memperketat kontrol perbatasannya. Brasil menegaskan bahwa mereka akan memberi bantuan kepada ratusan ribu orang Venezuela yang melarikan diri dari krisis ekonomi dan tidak akan menutup perbatasan.

Para pengungsi Venezuela rencananya akan dipindahkan ke kota-kota lain di pedalaman Brasil, di mana mereka dapat menemukan pekerjaan dan menetap.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6283 seconds (0.1#10.140)