Tahun Baru Imlek, Ratusan Juta Warga China Mulai Mudik

Sabtu, 03 Februari 2018 - 11:18 WIB
Tahun Baru Imlek, Ratusan Juta Warga China Mulai Mudik
Tahun Baru Imlek, Ratusan Juta Warga China Mulai Mudik
A A A
BEIJING - Ratusan juta warga China mulai mudik dari kota besar menuju kampung halaman untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama dengan keluarga mereka. Musim liburan itu menjadi migrasi manusia terbesar tahunan di dunia yang dimulai pada awal Februari dan berlangsung selama 40 hari hingga 12 Maret mendatang.

Perayaan Imlek di China biasanya dikenal dengan Festival Musim Semi yang akan dimulai pada Jumat (16/2/2018). Stasiun televisi China Central Television melaporkan, selama musim liburan Imlek itu, sebanyak 2,98 miliar perjalanan akan dilakukan warga China dengan menggunakan moda transportasi kereta, bus, dan pesawat. Itu sama dengan masing-masing warga Inggris harus melakukan 45 perjalanan untuk mencapai jumlah yang sama dengan total perjalanan Imlek di China.

Mudik Imlek itu dirayakan ratusan juta warga China yang bekerja dan tinggal jauh dari kampung halaman. Mereka ingin berkumpul kembali dengan keluarga mereka untuk merayakan libur Imlek. Otoritas Kereta Api China memperkirakan akan mengangkut 390 juta penumpang selama periode mudik Imlek selama 40 hari. Itu sama dengan seluruh penduduk Amerika Serikat dan enam kali populasi Inggris. Itu berarti hampir 10 juta warga China akan mudik dengan kereta setiap hari selama sebulan setengah.

"Jumlah penumpang kereta tahun ini meningkat 8,8% dibandingkan tahun lalu," demikian keterangan Otoritas Kereta Api China.

Kemudian, Deputi Direktur Departemen Kereta Api Penumpang China, Huang Xin mengatakan, 4.395 kereta akan beroperasi setiap hari sebelum Festival Musim Semi dan 4.484 kereta akan dioperasikan setelahnya. "Otoritas akan mengatur kereta tambahan untuk musim mudik untuk menjamin penumpang bisa mudik dan balik kembali ke tempat kerjanya," katanya.

Otoritas penerbangan berencana menambah 30.000 penerbangan selama musim mudik. "Setiap harinya selama musim mudik Imlek, kita menerbangkan 14.500 pesawat," kata Deputi Kepala Badan Penerbangan Sipil China Wang Zhiqing.

Sementara itu, Qian Leiming menggunakan kereta K4668 dari Uighur ke Shanghai yang berjarak 4.129 km dan memakan waktu selama tiga hari. "Saya mengembangkan bisnis pengeringan buah di Hotan dan selalu mudik setiap tahun merayakan Tahun Baru Imlek," kata Qian dilansir Xinhua. Dia menceritakan sangat sulit untuk mendapatkan tiket kereta ke Shanghai, tapi tahun ini dia bisa mendapatkannya via online.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5390 seconds (0.1#10.140)