Serukan Sesi Darurat PBB Soal Iran, Rusia Kecam AS

Kamis, 04 Januari 2018 - 23:43 WIB
Serukan Sesi Darurat PBB Soal Iran, Rusia Kecam AS
Serukan Sesi Darurat PBB Soal Iran, Rusia Kecam AS
A A A
MOSKOW - Rusia mengecam Amerika Serikat (AS) yang menyerukan pertemuan luar biasa Dewan Keamanan PBB untuk membahas aksi demonstrasi anti pemerintan di Iran. Rusia menilai seruan tersebut berbahaya dan merusak.

"Kami tidak melihat peran Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam masalah ini," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/1/2018).

"Urusan dalam negeri Iran tidak ada hubungannya dengan peran Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa," yang dikatakan Ryabkov adalah pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

Sebelumnya, Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan pekan ini bahwa Washington sedang mencari sesi darurat mengenai Iran di Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York dan di Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa.

"Kita tidak boleh diam, rakyat Iran menangis untuk kebebasan. Semua orang yang mencintai kebebasan harus mendukung tujuan mereka," kata Haley.

Baca Juga: AS Serukan Pertemuan Khusus DK PBB Mengenai Situasi Iran

Aksi protes anti-pemerintah telah menyapu kota-kota Iran selama sepekan terakhir. Sedikitnya 21 orang terbunuh dalam kerusuhan tersebut dan ratusan orang dipenjara.

Meski begitu, Korps Garda Revolusi elit Iran mengatakan pada hari Rabu bahwa demonstrasi telah berakhir.

"Hari ini adalah hari penghasutan berakhir," Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari menyatakan dalam siaran pers di televisi pemerintah Iran.

Baca Juga:
Iran Umumkan Kemenangan Atas Demonstrasi Anti Pemerintah
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4797 seconds (0.1#10.140)