Hubungan Bilateral RI-Jepang Masuki Usia Ke-60

Minggu, 17 Desember 2017 - 20:41 WIB
Hubungan Bilateral RI-Jepang Masuki Usia Ke-60
Hubungan Bilateral RI-Jepang Masuki Usia Ke-60
A A A
TOKYO - Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Eropa Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya menuturkan, Januari mendatang hubungan bilateral Indonesia dan Jepang akan memasuki usia 60 tahun. Dirinya mengatakan, akan ada serangkaian kegiatan untuk memeriahkan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang.

Berbicara saat melakukan konferensi pers jelang peringatan 60 tahun Indonesia-Jepang, Desra menuturkan, hubungan kedua negara dimulai saat ditekennya perjanjian damai pada tahun 1958 lalu. Penandatanganan ini menandai dimulainya hubungan bilateral kedua negara.

"Sejak saat itu, hubungan Indonesia dan Jepang telah berjalan sangat baik. Saat ini, Jepang menjadi mitra strategis Indonesia dalam berbagai bidang," ucap Desra pada Minggu (17/12).

Desra menuturkan, dalam bidang ekonomi, hubungan kedua negara terus mengalami peningkatan, di mana Jepang saat ini adalah investor asing kedua terbesar di Indonesia.

Hal ini juga berlaku dalam bidang hubungan antara masyarakat. "Kerjasama people to people berjalan sangat baik di berbagai bidang, baik itu pendidikan, kebudayaan, dan lainnya," ucap Desra.

Terkait dengan perayaan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang, Kemlu RI pada awal Januari mendatang akan meluncurkan sebuah perangko khusus untuk memperingati hal ini. Selain peluncurkan perangko, akan ada juga sejumlah kegiatan kebudayaan, baik di Jakarta ataupun di Tokyo. Dan juga akan ada seminar mengenai prospek hubungan kedua negara pada tahun depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6258 seconds (0.1#10.140)