Laos Anugerahi Dubes RI Penghargaan Bintang Persahabatan

Minggu, 26 November 2017 - 17:43 WIB
Laos Anugerahi Dubes RI Penghargaan Bintang Persahabatan
Laos Anugerahi Dubes RI Penghargaan Bintang Persahabatan
A A A
VIENTIEANE - Duta Besar Indonesia untuk Laos, Irmawan Emir Wisnandar, menerima penghargaan Cross of Friendship dari Menteri Luar Negeri Laos, Saleumxay Kommasith. Irmawan dinilai berjasa meningkatkan dan mempererat hubungan kedua negara.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Laos yang diterima Sindonews pada Minggu (26/11), acara pemberian pernghargaan tersebut sekaligus merupakan perpisahan resmi dari Kemlu Laos terhadap Irmawan yang akan menyelesaikan tugasnya pada awal Desember 2017 mendatang.

Saleumxay dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama Irmawan bertugas di Laos tercatat sejumlah peningkatan hubungan kedua negara dalam berbagai bidang, antara lain meningkatnya saling kunjung pejabat tinggi kedua negara, termasuk kunjungan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka ASEAN Summit tahun 2016 dan kunjungan Perdana Menteri Laos, Thongloun Sisoulith bulan Oktober 2017. Meningkatnya nilai perdagangan kedua negara dan kesepakatan di bidang ekonomi, termasuk rencana investasi Indonesia di Laos.

Lalu penyelenggaraan sejumlah kegiatan dalam upaya peningkatan people to people contact, transaksi bisnis, kesenian dan sosial budaya, antara lain Wonderful Indonesia in Laos, ASEAN Plus Music and Culinary Festival, Seminar Bilateral RI-Laos. Pameran Foto 60 tahun RI-Laos, pelatihan capacity building dan workshop di berbagai bidang kepada WN Laos dan sebagainya, disepakatinya Lima MoU antar pemerintah kedua negara, dan saling dukung dalam pencalonan di berbagai organisasi internasional.

Irmawan dalam sambutanya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Laos, dan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan bilateral kedua negara yang telah menginjak usia 60 tahun pada tahun 2017 ini akan semakin meningkat yang secara signifikan akan membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara RI-Laos
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6374 seconds (0.1#10.140)