Dr.Phil Paling Tajir, Ellen Mengikutinya

Jum'at, 10 November 2017 - 07:36 WIB
Dr.Phil Paling Tajir, Ellen Mengikutinya
Dr.Phil Paling Tajir, Ellen Mengikutinya
A A A
NEW YORK - Jenjang karier presenter televisi terus menjadi ladang menjanjikan. Setiap tahun pendapatan host makin melonjak hingga menyentuh angka triliunan rupiah per tahunnya. Dalam laporan host berpendapatan tertinggi di dunia versi Forbes, Phil McGraw alias Dr.Phil kokoh di uratan pertama dengan gaji hingga USD79 juta (Rp1,06 triliun) dalam setahun. Di posisi kedua, gaji USD77 juta (Rp1,04 triliun) per tahun membuat dompet bintang Ellen Show, Ellen DeGeneres tambah gemuk. Pendapatan DeGeneres diperkirakan meningkat pada tahun mendatang mengingat dia akan meraup USD20 juta dari Netflix.

Dr.Phil adalah psikolog yang pada 2002, beralih profesi menjadi presenter. Alumni Universitas North Texas itu memulai debutnya dalam acara talk show Dr. Phil. Sebelum membuat acara sendiri, dia sering muncul sepekan sekali dalam acara Oprah Winfrey Show sebagai konsultan kehidupan dan hubungan asmara.

Sekitar 90% penghasilan McGraw bersumber dari acara Dr. Phil. Iklan pemajangan produk di dalam acaranya itu kian mempertebal pundi-pundi kekayaannya. Pendapatan tambahan McGraw berasal dari sampingannya menjadi produser dalam acara The Doctors dan The Bull di CBS, juga menjadi endorsement di AstraZenica.

“Jika Anda mampu menarik para penonton seperti McGraw, Anda akan menjadi bagaikan emas murni bagi para pengiklan,” ujar Les Rose, seorang profesor praktik jurnalisme penyiaran dan digital dari Fakultas Komunikasi Universitas Syracuse. “Jika McGraw tidak disukai ibu-ibu di rumah, bisnisnya pasti bangkrut.”

Selain McGraw, presenter sukses lainnya juga meraup pendapatan selangit. Di antaranya ialah Ellen DeGeneres (USD77 juta), Ryan Seacrest (USD58), Judy Sheindlin (USD47), Simon Cowell (USD43,5), Steve Harvey (USD42,5), Bill O’Reilly (USD37), Sean Hannity (USD36), Michael Strahan (USD21,5), dan Heidi Klum (USD21).

Jika digabungkan, jumlah pendapatan 10 presenter dengan bayaran tertinggi di dunia itu bisa mencapai USD462,5 juta. Hitungan tersebut belum termasuk pembayaran pajak dan manajemen. Sebagian besar data diperoleh dari NPD Bookscan dan IMDB, juga wawancara dengan agen, manajer, humas, produser, dan pengacara.

Dengan respons yang sangat bagus dari para penonton, para presenter itu mendapatkan komisi yang sangat tinggi dari para pengiklan. Kemampuan, bakat, dan kreativitas khas mereka dalam menuntun jalannya acara sulit untuk digantikan sehingga kontrak perjanjian dengan perusahaan-perusahaan media tidak terputus.

Adam Klein, profesor ajun dari Fakultas Komunikasi Universitas Columbia, menilai ke-10 presenter itu memiliki kelebihan masing-masing. “Semuanya merupakan ‘merek’ yang sangat hebat dan dipercaya oleh para pemirsa di rumah. Para pengiklan juga tidak ragu untuk memasang iklan di dalam acara yang laku,” katanya.

DeGeneres juga mendapatkan potongan kue terbesar dari iklan, pemajangan produk, dan kesepakatan kontrak dalam acara The Ellen DeGeneres Show. Penghasilan lainnya berasal dari Little Big Shots di mana dia jadi eksekutif produser, perusahaan pribadi, game mobile, dan menjadi endsorsement di CoverGirl.

Presenter perempuan lainnya yang mendulang sukses besar ialah Sheindlin. Di usianya yang menginjak 75 tahun, dia tetap mampu menjaga performa dan berhasil menarik sembilan juta penonton.

“Saya tidak ingin disejajarkan dengan laki-laki,” guyon Sheindlin yang memang memperoleh pendapatan lebih besar daripada kebanyakan presenter laki-laki selamat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perempuan Forbes. Sebagian besar presenter televisi, terutama yang tayang pada pagi atau tengah malam, tidak masuk ranking.

Presenter terkenal seperti Matt Lauer, Kelly Ripa, Robin Roberts, George Stephanopoulos, Megyn Kelly, Stephen Colbert, dan Jimmy Fallon hanya meraup pendapatan USD15 juta dalam 12 bulan terakhir. Meski mendapatkan gaji delapan digit, mereka terpaut jauh dari McGraw karena tidak memiliki sumber pendapatan lain. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)