Pendukung Nasionalis Kulit Putih AS Kembali Berkumpul, Charlottesville Siaga

Minggu, 08 Oktober 2017 - 19:51 WIB
Pendukung Nasionalis Kulit Putih AS Kembali Berkumpul, Charlottesville Siaga
Pendukung Nasionalis Kulit Putih AS Kembali Berkumpul, Charlottesville Siaga
A A A
WASHINGTON - Pemerintah kota Charlottesville, Amerika Serikat (AS) dilaporkan meningkatkan kewaspadaan setelah anggota nasionalis kulit putih Richard Spencer dan pendukungnya kembali ke kota itu. Puluhan kaum nasionalis kulit putih tersebut berkumpul di dekat patung Robert E. Lee dan meneriakkan "Anda tidak akan menggantikan kita!".
Jenderal Lee adalah jenderal utama pasukan konfederasi dalam perang sipil Amerika dan telah muncul seruan penghapusan simbol-simbol supremasi kulit putih dari ruang publik setelah serangkaian serangan kekerasan yang telah dikaitkan dengan supremasi kulit putih.
"Kami hadir untuk mewakili kepentingan Amerika kulit putih. Rusia adalah teman kami. Selatan akan bangkit kembali," teriak kaum nasionalis kulit putih, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (8/10).
Walikota Charlottesville, Mike Signer menegaskan, ia akan mengambil tindakan hukum untuk mencegah kembali terjadinya demontrasi berbasis kebencian di wilayahnya.
"Kunjungan tercela lainnya oleh pengecut neo-Nazi. Anda tidak diterima di sini! Pulang ke rumah! Sementara itu kita melihat semua pilihan hukum kita. Tunggu saja," ungkap Signer melalui akun twitternya.
Seperti diketahui, Juni lalu terjadi sebuah demonstrasi yang dianggap sebagai demonstrasi terbesar kaum nasionalis kulit putin dalam satu dekade ini. Kala itu, ratusan nasionalis kulit putih dan neo-Nazi berkumpul di Charlottesville. Satu orang tewas, dan lebih dari 30 luka-luka akibat bentrokan akibat demonstrasi itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)
pixels