Sikap Taliban Terhadap ISIS Berubah

Minggu, 08 Oktober 2017 - 11:32 WIB
Sikap Taliban Terhadap ISIS Berubah
Sikap Taliban Terhadap ISIS Berubah
A A A
KABUL - Sikap pemimpin kelompok militan Taliban di Afghanistan terhadap ISIS dilaporkan telah berubah. Pemimpin Taliban menyatakan bahwa kedua kelompok tersebut tidak boleh saling berperang.

Pemimpin Taliban telah memerintahkan para anggotanya untuk berhenti berperang melawan ISIS karena keduanya memiliki tujuan bersama. Kedua kelompok ini telah bersumpah menjadi musuh satu sama lain sejak 2015 lalu.

"Pemimpin Taliban Hebatullah Akhundzada diduga mengeluarkan instruksi baru, memerintahkan militan Taliban untuk tidak menghadapi pejuang ISIS," 1TV Afghanistan melaporkan pada hari Jumat, mengutip seorang pejabat keamanan senior seperti disitir dari Russia Today, Minggu (8/10/2017).

Perintah baru tersebut terjadi sekitar 10 hari yang lalu, saat kunjungan Akhundzada ke distrik Musa Qala, markas Taliban di provinsi Helmand Afghanistan. Pemimpin Taliban itu dilaporkan bergabung dalam perjalanan bersama anggota Dewan Kepemimpinan, yang disebut Quetta Shura, dan "gubernur" yang ditunjuk Taliban dari seluruh penjuru Afghanistan.

Jika benar, gerakan tersebut memberi sinyal perubahan yang tajam dalam hubungan antara kedua kelompok tersebut. Kedua kelompok terkenal karena kebrutalan, eksekusi massal dan serangan mereka terhadap warga sipil.

Kembali pada tahun 2015 dilaporkan bahwa Taliban dan ISIS telah mengumumkan sebuah "jihad," atau perang suci, satu sama lain. Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi diduga memanggil pemimpin Taliban Mullah Mohammad Omar sebagai orang bodoh dan orang idiot yang buta huruf.

Kemungkinan kedua kelompok tersebut telah memperbaiki hubungan dapat menjadi tantangan serius bagi koalisi anti-teroris internasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4763 seconds (0.1#10.140)