Iran Tidak akan Izinkan AS Inspeksi Fasilitas Militer

Jum'at, 29 September 2017 - 20:57 WIB
Iran Tidak akan Izinkan...
Iran Tidak akan Izinkan AS Inspeksi Fasilitas Militer
A A A
TEHERAN - Komandan Garda Revolusi Iran atau IRGC, Mohammad Ali Jafari menegaskan, Iran tidak akan mengizinkan negara asing, khususnya Amerika Serikat (AS), untuk melakukan inpeksi ke fasilitas militer Iran.
"Tidak ada otoritas di Iran, apakah politik atau militer, akan mengizinkan orang luar mengunjungi lokasi militer dengan dalih isu nuklir," kata Jaafari dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Farsnews pada Jumat (29/9).
Jafari, kemudian mengulangi pernyataannya, bahwa setiap tekanan terhadap hal ini akan menyatukan otoritas Iran, dan arus politik melawan tekanan luar.
Seperti diketahui, Duta besar AS untuk PBB, Nikki Haley menyatakan, Iran harus mengizinkan inspeksi di situs militer mereka berdasarkan kesepakatan nuklir. Bila ini tidak dilakukan, Haley menyebut kesepakatan nuklir hanyalah seperti janji kosong.
"Pejabat Iran telah mengatakan bahwa mereka akan menolak untuk mengizinkan inspeksi di lokasi militer, walaupun IAEA mengatakan bahwa tidak boleh ada perbedaan antara lokasi militer dan non-militer," kata Haley.
"Sekarang tampak bahwa beberapa negara berusaha untuk melindungi Iran dari lebih banyak inspeksi. Tanpa inspeksi, kesepakatan Iran adalah sebuah janji kosong," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0548 seconds (0.1#10.140)