China Kirim Nota Protes pada Korut Soal Uji Coba Nuklir

Senin, 04 September 2017 - 16:59 WIB
China Kirim Nota Protes pada Korut Soal Uji Coba Nuklir
China Kirim Nota Protes pada Korut Soal Uji Coba Nuklir
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China mengatakan,pihaknya telah mengajukan nota protes berisi pernyataan serius kepada Kedutaan Besar Korea Utara (Korut) di Beijing mengenai uji coba nuklir ke enam dan paling kuat yang dilakukan Pyongyang, kemarin.

"Korut sangat mengerti mengenai penolakan China terhadap uji coba nuklirnya. China menjunjung tinggi perundingan sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah semenanjung Korea," kata juru bicara Kemlu China, Geng Shuang, seperti dilansir Reuters pada Senin (4/9).

Sementara itu, pasca uji coba nuklir yang dilakukan Korut, Militer Korea Selatan (Korsel) dilaporkan langsung menggelar latihan latihan tembak yang melibatkan pesawat-pesawat jet tempur dan rudal balistik.

Kepala Staf Gabungan Korsel, seperti dilaporkan Yonhap Senin (4/9/2017), mengatakan bahwa rudal balistik Hyunmoo-2A dan beberapa rudal jarak jauh ditembakkan dalam latihan. ”Semuanya akurat mencapai target yang ditetapkan,” bunyi pernyataan pihak Kepala Staf Gabungan tersebut.

Latihan tembak itu juga mensimulasikan serangan dengan target lokasi uji coba senjata nuklir Punggye-ri, Korut. Lokasi sasaran simulasi serangan berada di Laut Jepang.

Militer Seoul menambahkan bahwa latihan yang dilakukan oleh pasukan Korsel hanyalah demonstrasi pertama dari kekuatan mereka. Tetangga sekaligus musuh Korut itu memperingatkan Pyongyang bahwa mereka bisa mempersiapkan tindakan balasan tambahan oleh aliansi Korsel-Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9272 seconds (0.1#10.140)
pixels