120 WNI Terdampak Badai Harvey di Texas

Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:39 WIB
120 WNI Terdampak Badai Harvey di Texas
120 WNI Terdampak Badai Harvey di Texas
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia, yang mengutip laporan dari Konsulat Jenderal Indonesia di Houston, Amerika Serikat (AS) menuturkan, setidaknya 120 warga negara Indonesia (WNI) terdampak badai Harvey yang melanda wilayah Texas.
"Curah hujan yang deras dan angin badai masih mendera Greater Houston dan wilayah sekitarnya hingga mencapai 40 inci. Pemerintah setempat telah mengeluarkan kebijakan mandatory dan voluntary evacuation kepada warga Houston yang wilayahnya terkena banjir dan telah mengevakuasi lebih dari 30 ribu orang. Menlu meminta agar KJRI Houston terus berkomunikasi dengan simpul-simpul WNI agar dapat memantau situasi WNI dari waktu ke waktu," kata Kemlu RI dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Kamis (31/8).
"Dari pantauan KJRI diperkirakan lebih dari 120 orang WNI yang tempat tinggalnya tergenang air. Sebagian besar telah dievakuasi ke beberapa shelter setempat, gereja, masjid Indonesia, dan sebagian WNI lainnya memilih untuk mengungsi ke rumah sesama WNI yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggal mereka. KJRI juga memanfaatkan shelter yang ada di gedung KJRI untuk menampung WNI yang membutuhkan. Hingga kemarin terdapat lima WNI ditampung di shelter KJRI. Mereka dalam perjalanan menuju kota lain, dan terjebak akibat badai," sambungnya.
Kemlu RI kemudian menuturkan, KJRI Houston telah membentuk Satgas Penanganan WNI Bencana Badai Harvey dengan melibatkan seluruh staf KJRI dan tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan bantuan kepada WNI selama dan pasca badai.
Sementara itu, lanjut rilis Kemlu RI diaspora di wilayah kerja KJRI Houston tengah berupaya menghimpun dana untuk membantu masyarakat atau diaspora Indonesia yang membutuhkan melalui medsos FB gofundme.
"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa WNI. KJRI terus memantau situasi WNI dan mengidentifikasi jika terdapat bantuan yang dibutuhkan WNI dari KJRI," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5626 seconds (0.1#10.140)