Ukraina Sebut Rusia Coba Terapkan Skenario Abkhazia di Donbas

Selasa, 18 Juli 2017 - 20:43 WIB
Ukraina Sebut Rusia Coba Terapkan Skenario Abkhazia di Donbas
Ukraina Sebut Rusia Coba Terapkan Skenario Abkhazia di Donbas
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina menyatakan, Rusia saat ini sedang berusaha menerapkan skenario Abkhazia di wilayah Ukraina. Kiev menegaskan, mereka tidak akan membiarkan skenario semacam ini terjadi Ukraina.
Abkhazia adalah sebuah wilayah di Georgia yang dikuasai oleh kelompok pro-Rusia. Wilayah ini memutuskan lepas dari Georgia tidak lama setelah terjadi perang antara Georgia dan Rusia pada tahun 2008 lalu. Moskow adalah pihak pertama yang mengakui Abkhazia sebagai negara merdeka.
Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavlo Klimkin mengatakan, Rusia mencoba menerapkan skenario Abkhazia di Donbass dengan mengumumkan pembentukan negara Malorossiya. Pengumuman pembentukan negara ini dilakukan oleh pemerintah Republik Rakyat Donetsk (DPR), sebuah pemerintahan yang dibentuk sepihak oleh pemberontak pro-Rusia di Ukraina timur.
"Tepat pada saat delegasi Ukraina berada di Georgia, Kremlin mencoba untuk melakukan skenario Abkhazia di Donbas. Kami tidak akan membiarkan ini terjadi," kata Klimkin, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (18/7).
Sebelumnya diwartakan, pemimpin DPR, Alexander Zakharchenko mengumumkan pihaknya akan membentuk negara baru bernama Malorossiya atau Rusia kecil. Dia mengajukan masa transisi selama tiga tahun untuk membentuk Malorossiya, sebagai cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Ukraina.
Dia kemudian menyatakan, pihaknya telah membuat kesimpulan bahwa Ukraina telah menunjukkan dirinya sebagai negara yang gagal, dan meminta masyarakat internasional untuk mendukung proposalnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5774 seconds (0.1#10.140)