Banjir di Timur Laut India, 40 Tewas dan Mengancam Hewan Langka

Kamis, 13 Juli 2017 - 16:55 WIB
Banjir di Timur Laut India, 40 Tewas dan Mengancam Hewan Langka
Banjir di Timur Laut India, 40 Tewas dan Mengancam Hewan Langka
A A A
GUWAHATI - Banjir di timur laut India telah menewaskan setidaknya 40 orang dan membuat 1,5 juta orang mengungsi. Tidak itu saja, banjir tersebut melanda sebuah taman nasional yang merupakan rumah bagi konsentrasi badak berculak satu di dunia.

Sungai Brahmaputra, yang mengalir dari China ke India dan kemudian melalui Bangladesh, telah menghancurkan tepi sungai setelah hujan yang deras. Lebih dari 2.500 desa di negara bagian Assam India tenggelam selama dua minggu terakhir.

Perdana Menteri Narendra Modi telah menyatakan kesedihannya atas penderitaan itu, dengan ribuan orang mencari perlindungan di lebih dari 300 kamp bantuan. Pihak berwenang telah menyatakan peringatan kesehatan maksimum untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Upaya juga dilakukan untuk membantu badak dan satwa liar lainnya terancam bahaya ketika air banjir membanjiri Taman Nasional Kaziranga, sebuah situs warisan dunia UNESCO.

"Lebih dari 90 persen Taman Nasional Kaziranga ada di bawah air," kata Menteri Kehutanan Assam Pramila Rani Brahma seperti dikutip dari Reuters, Kamis (13/7/2017).

Taman seluas 430 km per segi adalah rumah bagi sejumlah badak bertanduk terbesar di dunia, dengan perkiraan 2.500 dari total populasi sekitar 3.000.

"Dua anak badak telah tenggelam dan sampai 15 ekor rusa tewas dalam banjir besar. Hewan mencari tempat perlindungan di tempat yang tinggi, termasuk perbukitan di luar taman," ungkap Brahma.

Tapi saat hewan-hewan tersebut berpindah ke daerah yang lebih kecil dengan ketinggian yang lebih tinggi untuk menghindari banjir, mereka menjadi lebih rentan terhadap pemburu liar. Mereka juga menghadapi bahaya tertabrak kendaraan jika mereka berlindung di jalan yang dilalui tanggul.

"Barikade khusus telah diletakkan di sepanjang jalan raya dan penjaga hutan meminta pengemudi untuk berkendara di bawah 40 km per jam," kata sipir taman, menambahkan bahwa beberapa rusa telah ditabrak truk yang melaju cepat.

Tingkat air di Brahmaputra diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir minggu ini dan kemudian harus stabil, asalkan tidak ada hujan lebat lagi, kata Komisi Perairan Pusat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)