Terinspirasi Film, Putin Putuskan untuk Jadi Mata-mata

Minggu, 18 Juni 2017 - 21:48 WIB
Terinspirasi Film, Putin Putuskan untuk Jadi Mata-mata
Terinspirasi Film, Putin Putuskan untuk Jadi Mata-mata
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku film mengenai mata-mata adalah salah satu hal yang membuat dia memutuskan untuk menjadi agen Komite Keamanan Negara Soviet atau KGB. Hal itu diungkapkan Putin saat melakukan wawancara dengan sutradara film dokumenter, Oliver Stone.
Putin mengatakan, ia melihat banyak film tentang agensi dan karya intelijen mereka, terutama terinspirasi oleh film thriller spionase era Soviet yang disebut Seventeen Moments of Spring, di mana karakter utama yang dimainkan oleh aktor terkenal Vyacheslav Tikhonov adalah mata-mata Soviet Di Nazi Jerman.
Melansir Russia Today pada Minggu (18/6), dia mengaku dia memiliki cita-cita untuk mendapatkan pekerjaan di KGB, setelah menonton film-film tersebut.
Pemimpin Rusia itu kemudian mengatakan, sebagai awal untuk bisa menjadi pekerja di KGB, dia memilih jurusan hukum saat kuliah. Hal ini dia lakukan setelah mendapat nasihat dari orang yang bekerja di KGB, yang dia temui saat melakukan kunjungan ke kantor KGB saat masih bersekolah.
"Saya masuk sekolah hukum karena saya ingin bekerja di KGB. Ketika masih menjadi murid di sekolah, saya pergi ke kantor KGB di Leningrad (sekarang St Petersburg) sendiri. Saya bertanya kepada mereka, apa yang harus saya lakukan agar bisa bekerja untuk KGB. Para pekerja mengatakan kepada saya, bahwa saya harus memiliki pendidikan tinggi dan pendidikan hukum yang lebih baik," kata Putin.
Namun, Putin mengatakan ia tidak memiliki kontak dengan KGB setelah kunjungan tersebut. Jadi, ia merasa tak terduga bahwa KGB menemukan dirinya dan menawarkan pekerjaan setelah dia lulus dari sekolah hukum.
Putin sendiri bekerja sebagai mata-mata di Dresden dari tahun 1985 sampai 1990 dan pensiun dengan pangkat letnan kolonel ketika Uni Soviet runtuh. Pada akhir 1990an, dia sempat menjabat sebagai pimpinan FSB, penerus KGB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6266 seconds (0.1#10.140)