AS Nilai Situasi di Teluk Sangat Kompleks

Selasa, 13 Juni 2017 - 17:57 WIB
AS Nilai Situasi di...
AS Nilai Situasi di Teluk Sangat Kompleks
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis mengatakan, situsi di Teluk dimana terdapat blokade terhadap Qatar oleh Arab Sauci cs sangatlah kompleks. Ia kemudian mengatakan, landasan bersama harus ditemukan untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada.
Mantan jenderal tersebut mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Parlemen AS, Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani telah mewarisi situasi yang sulit. Dan, apa yang terjadi saat ini telah membuat situasinya semakin sulit dan komplek. Tapi, dia yakin Qatar sebenarnya telah bergerak ke arah yang benar.
"Saya percaya, bahwa Pangeran Thani mewarisi situasi yang sulit, yang sangat-sangat sulit. Dan, dia berusaha mengubah masyarakat ke arah yang benar. Tapi, kita semua setuju pendanaan kepada kelompok teroris bertentangan dengan semua kepentingan kita," kata Mattis.
Mattis, seperti dilanir Al Jazeera pada Selasa (13/6), menambahkan, bahwa dia yakin Qatar bergerak ke arah yang benar ketika berbicara mengenai bagaimana membatasi pendanaan terhadap kelompok terorisme.
Sementara itu, Kuwait, yang memimpin upaya mediasi untuk menyelesaikan krisis Teluk, mengatakan perselisihan antara Qatar dan sejumlah negara Teluk dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan.
Hal senada juga sempat diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel, yang mengatakan situasi di Teluk sangat berbahaya dan rapuh jika tidak segera diatasi. Dia menyebut, konflik yang ada bisa berlanjut menjadi perang langsung antara mereka yang bertikai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)