Menlu Retno: Tim Pengacara Tengah Siapkan Pembelaan bagi Siti Aisyah

Selasa, 30 Mei 2017 - 16:00 WIB
Menlu Retno: Tim Pengacara Tengah Siapkan Pembelaan bagi Siti Aisyah
Menlu Retno: Tim Pengacara Tengah Siapkan Pembelaan bagi Siti Aisyah
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyatakan, berkas kasus Siti Aisyah saat ini sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi Malaysia. Dia menuturkan, tim pengacara saat ini tengah mengumpulkan bukti-bukti, dan mempersiapkan pembelaan terhadap Siti Aisyah di Pengadilan Tinggi.
Siti Aisyah adalah salah satu dari dua orang yang diduga melakukan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut), yakni Kim Jong-nam. Satu terdakwa lainnya adalah seorang warga negara Vietnam.
"Hari ini, 30 Mei, Siti Aisyah sudah menghadiri sidang yang ketiga dan di persidangan dia didampingi oleh tujuh orang pengacara. Setelah mempelajari bukti-bukti jaksa penuntut umum, akhirnya hakim memutuskan untuk meneruskan kasus tersebut ke Pengadilan Tinggi Selangor," kata Retno pada Selasa (30/5).
"Hakim menetapkan salinan bukti-bukti Jaksa Penuntut Umum harus diberikan kepada pengacara dua terdakwa selambat-lambatnya dua pekan sebelum sidang perdana di Pengadilan Tinggi," sambungnya.
Retno kemudian mengatakan, sampai saat ini pihaknua belum mengetahui kapan persidangan pertama di Pengadilan Tinggi akan digelar. Namun, dia menyebut berdasarkan informasi yang beredar kemungkinan besar sidang itu akan digelar setelah Ramadhan.
Dia menambahkan, tim pengacara Siti Aisyah sedang menunggu pemberitahuan tanggal persidangan untuk dipelajari kembali dalam menyusun pembelaan. "Kita tetap dalam jalur asas praduga tak bersalah sampai terbukti betul. Kita juga memperkaya bukti-bukti untuk melakukan pembelaan," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4265 seconds (0.1#10.140)