Hassan Rouhani Kembali Terpilih Menjadi Presiden Iran

Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:45 WIB
Hassan Rouhani Kembali Terpilih Menjadi Presiden Iran
Hassan Rouhani Kembali Terpilih Menjadi Presiden Iran
A A A
TEHERAN - Televisi pemerintah Iran melaporkan Presiden Iran Hassan Rouhani telah memenangkan masa jabatan keduanya sebagai presiden. Dari sekitar 40 juta suara, Rouhani menerima lebih dari separuh jumlah tersebut, dengan beberapa wilayah masih harus menunggu pengumumannya, kata beberapa pejabat di televisi.

Hasil perhitungan yang hampir tuntas menunjukkan bahwa dia memperoleh 58,6% suara, dibandingkan dengan Ebrahim Raisi yang memperoleh 39,8%. Dengan jumlah itu, dipastikan tidak akan ada putaran kedua.

Menanggapi hal tersebut penantang utamanya Raisi , seorang ulama konservatif, mengeluhkan adanya dugaan kecurangan. Raisi menuduh pendukung Rouhani melakukan ratusan propaganda di bilik suara, yang dilarang berdasarkan undang-undang pemilihan seperti dikutip dari BBC, Sabtu (20/5/2017).

Panitia pemilihan memperpanjanng waktu pemungutan suara sampai tengah malam, di tengah persentase kehadiran yang tidak terduga mencapai sekitar 70%. Pejabat pemilihan mengatakan bahwa perpanjangan waktu pemberian suara adalah karena permintaan dan partisipasi warga yang antusias.

Rouhani adalah seorang politisi moderat yang menyetujui kesepakatan dengan kekuatan dunia untuk membatasi program nuklir Iran. Ia menjanjikan visi moderat dan padangan Iran terhadap dunia luar, mengaitkan kesuksesannya dengan keberhasilan kesepakatan nuklir yang ditengahi antara Iran, Amerika Serikat dan negara-negara lain pada tahun 2015.

Presiden AS Donald Trump menentang kesepakatan tersebut, yang mengurangi sanksi terhadap negara Timur Tengah, namun Gedung Putih memperbaharuinya awal pekan ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)