China Terus Restrukturisasi Militer

Kamis, 20 April 2017 - 22:16 WIB
China Terus Restrukturisasi Militer
China Terus Restrukturisasi Militer
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengumumkan restrukturisasi Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat (PLA) untuk merampingkan kekuatan tempur dengan meningkatkan kemampuan operasi gabungan. Pembentukan 84 unit baru dalam perombakan itu bertujuan memodernisasi PLA dengan menambah kemampuan baru, termasuk dalam bidang cyber , elektronik, dan informasi.

Sebagai kepala Komisi Militer Sentral, Xi juga menjadi panglima tertinggi angkatan bersenjata. ”Ini penting dalam membangun militer kelas dunia,” papar Xi, kepada para komandan unit-unit baru di markas pusat PLA di Beijing, dikutip kantor berita Xinhua.

Sebanyak 84 unit baru itu dipimpin para komandan setingkat mayor jenderal atau laksamana muda. ”Anggota unit itu disusun dari pasukan-pasukan yang ada sehingga militer memangkas jumlah tentaranya hingga 300.000, salah satu reformasi yang dilakukan Xi pada 2015,” ungkap laporan kantor berita China Daily.

Reformasi itu termasuk mendirikan struktur komando operasional gabungan pada 2020 dan membentuk militer regional serta merampingkan jumlah tentara yang berperan di bagian nontempur. Komando area militer yang sebelumnya berjumlah tujuh dirampingkan menjadi lima.

Empat departemen militer dirombak menjadi 15 badan tahun lalu. Sebanyak 84 unit itu akan dikendalikan di bawah 15 badan tersebut. Para pengamat melihat China secara konsisten meniru modernisasi di angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)