AS Kerahkan Jet Tempur Canggih F-35 ke Eropa

Sabtu, 15 April 2017 - 04:48 WIB
AS Kerahkan Jet Tempur Canggih F-35 ke Eropa
AS Kerahkan Jet Tempur Canggih F-35 ke Eropa
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) akhir pekan ini akan mengerahkan sejumlah kecil jet tempur F-35A ke Eropa selama beberapa minggu. Mereka dikirim untuk mengikuti pelatihan dengan pesawat tempur AS lainnya dan pesawat militer NATO. Demikian pernyataan Pentagon.

Dalam sebuah pernyataan, Pentagon mengatakan bahwa penyebaran akan memungkinkan Angkatan Udara AS untuk lebih menunjukkan kemampuan operasional dari jet tempur stealth itu. Namun Pentagon tidak menyebutkan nama negara-negara di mana pesawat itu akan dikerahkan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (15/4/2017).

F-35, yang merupakan program senjata termahal Pentagon, telah dirundung masalah. Kepala pembelian senjata Pentagon pernah menggambarkannya sebagai "akuisisi malpraktek" atas keputusan untuk memproduksi jet sebelum menyelesaikan pembangunan.

Selama kampanye pemilu tahun lalu, Presiden Donald Trump mengkritik Lockheed Martin Corp untuk menutupi pembiaya produksi F-35 ini.

Beberapa hari setelah menjabat pada bulan Januari, Trump mengumumkan pemerintahannya telah mampu memotong USD 600 juta kesepakatan terbaru untuk membeli sekitar 90 F-35 Joint Strike Fighters.

AS diperkirakan menghabiskan USD 391 miliar selama 15 tahun untuk membeli sekitar 2.443 dari pesawat F-35.

F-35 yang digunakan oleh Angkatan Udara AS, Korps Marinir dan Angkatan Laut, dan dengan enam negara: Australia, Inggris, Norwegia, Italia, Belanda dan Israel. Jepang telah menerima penyerahan jet pertama di bulan Desember lalu.

Lockheed mengatakan bulan lalu bahwa Spanyol, Belgia dan Swiss berada dalam pembicaraan dengan perusahaan tentang membeli F-35.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)