Rusia Terindikasi Kerahkan Pasukan Khusus di Dekat Libya

Selasa, 14 Maret 2017 - 09:59 WIB
Rusia Terindikasi Kerahkan...
Rusia Terindikasi Kerahkan Pasukan Khusus di Dekat Libya
A A A
KAIRO - Rusia terindikasi mengerahkan pasukan khusus ke sebuah pangkalan udara di Mesir barat dekat perbatasan Libya. Para pejabat Amerika Serikat (AS) khawatir Moskow akan ikut campur dalam krisis Libya.

Sumber keamanan Mesir mengungkap indikasi pengerahan pasukan khusus Rusia di dekat perbatasan Libya. Para pejabat AS yang berbicara dalam kondisi anonim kepada Reuters, mengatakan, pengerahan pasukan khusus Rusia itu diduga untuk mendukung komandan militer Libya, Jenderal Khalifa Haftar, yang mengalami kemunduran akibat serangan Brigade Defense Benghazi (BDB).

Menurut para pejabat AS pasukan khusus Rusia dan pesawatnya terindikasi dikerahkan di Sidi Barrani, sekitar 60 mil (100 km) dari perbatasan Mesir-Libya.

Sumber-sumber keamanan Mesir secara lebih detail menyebut jumlah pasukan khusus Rusia itu mencapai 22 anggota. Tapi, mereka menolak membahasnya dengan media. Menurut mereka, Rusia juga menggunakan pangkalan lain di Mesir di sebelah timur Marsa Matrouh pada awal Februari.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera memberikan komentar atas laporan ini. Sedangkan pemerintah Mesir menyangkal keberadaan pasukan khusus Rusia di wilayahnya.

”Tidak ada tentara asing dari negara asing di tanah Mesir. Ini adalah masalah kedaulatan,” kata juru bicara militer Mesir Tamer al-Rifai, yang dikutip Selasa (14/3/2017).

Sementara itu, militer AS yang memiliki tanggung jawab atas kacaunya Libya menolak berkomentar atas laporan pengerahan pasukan khusus Rusia.

Mohamed Manfour, komandan pangkalan udara Benina di dekat Benghazi, membantah bahwa Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Jenderal Haftar telah menerima bantuan militer dari Rusia atau dari kontraktor militer Rusia. Menurutnya, tidak ada pasukan Rusia atau pangkalan Rusia di Libya timur.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)