Menlu Negara-negara Samudera Hindia Berembuk Bahas Terorisme

Senin, 06 Maret 2017 - 19:17 WIB
Menlu Negara-negara Samudera Hindia Berembuk Bahas Terorisme
Menlu Negara-negara Samudera Hindia Berembuk Bahas Terorisme
A A A
JAKARTA - Penanggulangan terorisme menjadi salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri (Menlu) anggota Indian Ocean Rim Asociation (IORA) yang berlangsung di Jakarta.

Pertemuan yang dipimpin oleh Menlu Indonesia Retno Marsudi, Menlu Australia Julie Bishop, dan Menlu Afrika Selatan Maite Nkoana-Mashabane itu membahas tiga dokumen. Dokumen pertama adalah rencana aksi IORA untuk jangka menengah dan panjang, lalu IORA Concord, dan terakhir adalah dokumen mengenai penanggulangan terorisme.

Retno menuturkan, pembahasan mengenai upaya melawan terorisme dan juga ekstrimisme sejalan dengan komitmen IORA untuk membentuk sebuah wilayah yang stabil, aman, dan penuh toleransi.

"Dalam pertemuan menteri ini penting bagi kita untuk mengadopsi rencana aksi untuk menjalankan objektif jangka pendek, menengah, dan panjang yang akan menguntungkan rakyat kita," ucap Retno pada Senin (6/3).

"Lebih jauh lagi kita akan mengambil rancangan deklarasi melawan terorisme, dan ekstrimisme sebagai refleksi komitmen kita untuk menjaga perdamaian dan stabiltas, serta mendorong pesan toleransi perbedaan dan moderasi di kawasan Samudera Hindia," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6158 seconds (0.1#10.140)