RI Manfaatkan IORA sebagai Ajang Promosi

Minggu, 05 Maret 2017 - 11:12 WIB
RI Manfaatkan IORA sebagai Ajang Promosi
RI Manfaatkan IORA sebagai Ajang Promosi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia memanfaatkan Indian Ocean Rim Association (IORA) sebagai ajang untuk promosi. Caranya, dengan menggelar sejumlah pertemuan IORA di beberapa kota yang berbeda di Indonesia.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya menyatakan, sejak Indonesia menjadi ketua pada tahun 2015 lalu, setidaknya sudah ada empat pertemuan IORA. Pertemuan itu berlangsung di Padang, Bali, Yogyakarta, dan terakhir di Jakarta.

"Selama masa kepemimpinan kami, kami telah membawa Anda ke kota terbesar di bagian barat Sumatera, yakni Padang, yang mana berlokasi di wilayah Samudera Hindia, ke kota dimana Borobudur berdiri yakni Yogyakarta, kemudian ke pulau eksotis Bali, dan saat ini di Jakarta, ibukota Indonesia, yang juga dikenal sebagai kota metropolitan dimana keberagaman budaya di Indonesia berkumpul," kata Desra saat membuka pertemuan tingkat pejabat tinggi IORA pada Minggu (5/3).

Terkait pertemuan tingkat pejabat tinggi IORA, pertemuan ini akan membahas rancangan dokumen IORA Concord, yang kemudian akan dibahas di pertemuan tingkat Menteri pada esok hari, dan akan disahkan dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan digelar pada Selasa.

Selain IORA Concord, sejumlah dokumen lain juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Setidanyaknya ada dua dokumen lainn yang dibahas, yakni dokumen mengenai upaya bersama melawan terorisme, dan rencana aksi bersama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5096 seconds (0.1#10.140)