India Jajal Rudal Supersonik Penghancur Rudal Nuklir

Kamis, 02 Maret 2017 - 14:00 WIB
India Jajal Rudal Supersonik Penghancur Rudal Nuklir
India Jajal Rudal Supersonik Penghancur Rudal Nuklir
A A A
NEW DELHI - Militer India berhasil menguji tembak rudal supersonik pencegat rudal nuklir di atas wilayah Teluk Benggala di negara bagian Odisha. Rudal pencegat ini berhasil menghancurkan target di lapisan endo-atmosfer.

Uji tembak rudal Advanced Air Defense (AAD) ini telah dikonfirmasi Kementerian Pertahanan India pada Kamis (2/3/2017), yang dikutip Xinhua. Rudal hipersonik ini diklaim mampu menembak rudal nuklir musuh dari jarak lebih dari 3.000 mil.

India gencar mengembangkan rudal pencegat balistik ini untuk melindungi wilayahnya dari bahaya perang nuklir.

“Semua tujuan misi berhasil bertemu,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan India mengacu pada tembakan rudal pencegat dengan target.

Uji coba rudal supersonik ini berlangsung di saat India masih terlibat konflik dengan Pakistan. Kedua negara ini sama-sama memiliki senjata nuklir.

“Sistem radar senjata melacak target dan memberikan arahan awal ke (rudal) pencegat dan menghancurkannya di lapisan endo-atmosfer,” lanjut Kementerian Pertahanan India.

”Ini termasuk pelibatan sejumlah sistem pelacakan elektro-optik yang menggunakan citra inframerah. Radar dan stasiun telemetri melacak target dan rudal pencegat hingga pada penghancuran target,” imbuh kementerian tersebut.

Selain India, Amerika Serikat, Rusia dan China diyakini telah mengembangkan sistem rudal pertahanan setelah ancaman nuklir dari Korea Utara menggema.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)