China dan Rusia Bersatu Hadapi Penyebaran Sistem Rudal THAAD Milik AS

Rabu, 01 Maret 2017 - 23:56 WIB
China dan Rusia Bersatu Hadapi Penyebaran Sistem Rudal THAAD Milik AS
China dan Rusia Bersatu Hadapi Penyebaran Sistem Rudal THAAD Milik AS
A A A
BEIJING - China dan Rusia telah sepakat untuk mengintensifkan posisi mereka dalam menyikapi penyebaran sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense system (THAAD) milik Amerika Serikat (AS). Beberapa waktu lalu, AS telah menyatakan niatnya untuk mengerahkan THAAD ke Korea Selatan (Korsel).

"Kedua belah pihak menyatakan akan terus memperkuat oposisi yang terkoordinasi untuk THAAD,” tulis Kementerian Luar Negeri China dalam situsnya, Rabu (1/3), seperti dikutip dari Russia Today.

Pernyataan itu menyusul pertemuan pada Selasa (28/2) antara Wakil Menteri Luar Negeri China Kong Xuanyou dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov di Beijing. Kementerian Luar Negeri Rusia juga merilis pernyataan serupa.

"Kedua belah pihak menekankan, bahwa upaya politik dan diplomatik kolektif harus ditingkatkan untuk meredakan ketegangan di seluruh Asia Timur Laut, dalam rangka menciptakan kondisi kondusif untuk menyelesaikan masalah nuklir, serta masalah lainnya di Semenanjung Korea," sebut pernyataan Kemenlu Rusia.

Reaksi Rusia dan China muncul setelah pemerintah Korsel menandatangani kesepakatan pertukaran tanah dengan raksasa ritel Lotte. Diduga, lahan ini nantinya akan menjadi basis penempatan THAAD. THAAD adalah sistem pertahanan udara canggih yang dirancang untuk mencegat rudal pendek, menengah, dan rudal balistik jarak menengah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)