Indonesia Kerap Bawa Isu Kemerdekaan Palestina dalam Forum Internasional

Kamis, 26 Januari 2017 - 16:41 WIB
Indonesia Kerap Bawa...
Indonesia Kerap Bawa Isu Kemerdekaan Palestina dalam Forum Internasional
A A A
JAKARTA - Indonesia selalu menyerukan kepada seluruh negara untuk mempertimbangkan mengakui kemerdekaan Palestina dalam setiap kesempatan yang ada. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Berbicara jelang rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Retno menuturkan, seruan itu disampaikan Indonesia baik saat melakukan pertemuan dengan sejumlah negara, atau disaat konferensi internasional, tanpa harus diminta dahulu oleh pemerintah Palestina.

"Kita selalu membawakan hal ini dalam setiap pertemuan bilateral atau kepada negara-negara yang selama ini masih belum mengakui Palestina. Itu saya biasanya menyampaikan tolong pertimbangkan untuk mengakui Palestina," ucap Retno pada Kamis (26/1/2017).

"Untuk yang sudah akui biasanya, misal Swedia, kita dikoferensi yang untuk summit itu kita galang menjadi kerja sama segitiga. Kalau yang sudah kita ajak untuk kerjasama segitiga membangun atau membantu Palestina. Untuk yang belum, kita minta untuk medukung Palestina," sambungnya.

Sejauh ini setidaknya sudah 137 negara mengakui kemerdekaan Palestina, diantaranya Indonesia, Swedia, dan Vatikan. PBB sendiri pada tahun 2012 lalu sudah mengakui Palestina sebagai negara yang berdaulat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0785 seconds (0.1#10.140)