Partai Demokrat Akan Tolak Menlu Pilihan Trump

Senin, 23 Januari 2017 - 22:19 WIB
Partai Demokrat Akan Tolak Menlu Pilihan Trump
Partai Demokrat Akan Tolak Menlu Pilihan Trump
A A A
WASHINGTON - Anggota Parlemen Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat menyatakan menolak calon Menteri Luar Negeri pilihan Donald Trump. Presiden baru itu memilih bos Exxon Mobil, Rex Tillerson sebagai calon Menlu AS.
Anggota senior Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen AS dari Partai Demokrat, Ben Cardin mengatakan, keputusan ini diambil karena pihaknya tidak puas dengan hasil wawancara dengan Tillerson beberapa waktu lalu.
"Tillerson seharusnya menjelaskan tindakan militer Rusia dan Suriah di Timur Tengah sebagai "kejahatan perang" ketika ia ditanya tentang mengenai sejumlah negara dalam tanya jawab beberapa waktu lalu," kata Cardin, seperti dilansir Reuters pada Senin (23/1).
"Kekuatan Menteri Luar Negeri untuk mengeluarkan pernyataan, untuk menentukan mana yang salah, dan untuk melawan atas nama rakyat Amerika dan kebebasan orang-orang di seluruh dunia adalah simbol abadi," sambungnya.
Berbeda dengan Cardin, politisi dari Partai Republik John McCain dan Lindsey Graham mengatakan, mereka akan memilih untuk menyetujui Tillerson, meskipun ada kekhawatiran atas hubungan Tillerson dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen AS dijadwalkan akan mengambil suara mengenai Tillerson pada hari ini. Bila mengingat Parlemen AS dikuasi Republik, kemungkinan Tillerson untuk disetujui sebagai Menlu AS sangat besar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)