Pria Jepang Beli Seekor Tuna Seharga Rp8,5 Miliar

Sabtu, 07 Januari 2017 - 22:35 WIB
Pria Jepang Beli Seekor Tuna Seharga Rp8,5 Miliar
Pria Jepang Beli Seekor Tuna Seharga Rp8,5 Miliar
A A A
TOKYO - Ikan merupakan makanan bergizi tinggi. Beberapa negara di dunia terkenal sangat suka makan ikan. Seperti Jepang yang warganya lebih memilih menyantap ikan dibanding daging sapi atau ayam.

Lantas, bagaimana bisa seekor ikan dibanderol dengan harga lebih dari Rp8 miliar? Baru-baru ini pria Jepang Kiyoshi Kimura membuat kejutan. Dia mengikuti acara lelang untuk mendapatkan ikan tuna sirip biru.

Saat lelang pada Kamis (5/1) lalu, Kiyoshi berhasil menang sebagai pemilik ikan seberat 467 pound (212 kg) tersebut. Tentunya dia harus merogoh kocek sangat dalam untuk menjadi pemenang lelang di Tokyo, Jepang. Ikan tuna sirip biru ini ditebus Kiyoshi seharga 74,2 juta yen (Rp8,5 miliar) pada lelang pertama pasar ikan Tsukiji tahun ini.

“Saya merasa membayar ikan ini terlalu mahal namun saya bahagia dapat memenangkan pelelangan ini,” jelas Kiyoshi seperti dikutip JapanToday. Dia menambahkan, “Ikan yang saya beli bentuk dan ukurannya dalam keadaan sangat bagus.” Rekor ini menjadi nilai lelang terbesar kedua di pasar ikan Tsukiji. Rekor terbesar sepanjang masa yang juga tercatat atas nama Kiyoshi sebesar USD1,8 juta (Rp24 miliar).

Uang sebanyak itu harus dia keluarkan untuk memenangkan lelang ikan tuna sirip biru seberat 489 pound (222 kg) pada 2013. Nilai fantastis sudah sangat umum dalam lelang di pasar ikan Tsukiji. Semakin tinggi penawarannya, semakin terkenal pembelinya.

Kiyoshi yang mendapat julukan King of Tuna (Raja Tuna) mengakui pembeliannya yang hampir mencapai nilai USD2 juta itu terlampau tinggi. “Saya berharap dapat memberi semangat pada Jepang dengan penawaran ini,” kenangnya.

Kemenangannya dalam lelang kali ini merupakan yang keenam kali. Baginya memenangkan lelang di pasar ikan Tsukiji sudah menjadi tradisi. Kini Kiyoshi memiliki 51 waralaba Sushizanmai di seluruh Jepang. Ikan termahal di dunia ini akan diolah menjadi menu makanan sushi terenak dalam jaringan restoran Sushizanmai miliknya. Jika ingin mencari menu makanan ikan tuna sirip biru dengan harga miring, resto ini bukan tempatnya.

Menu makanan dari ikan termahal di dunia itu dibanderol sebesar 9.800 yen (Rp1,2 juta) tiap porsinya. Kendati demikian, harga rata-rata menu makanan di Sushizanmai sangat bersahabat dengan kantong pembeli yakni sebesar 395 yen (Rp50.000) per porsi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6171 seconds (0.1#10.140)