Pejabat Top Rusia Rayakan Kemenangan Trump

Jum'at, 06 Januari 2017 - 10:18 WIB
Pejabat Top Rusia Rayakan Kemenangan Trump
Pejabat Top Rusia Rayakan Kemenangan Trump
A A A
WASHINGTON - Laporan peretasan Rusia yang dikirim ke Presiden Barack Obama pada Kamis kemarin mengatakan bahwa intelijen Amerika Serikat (AS) dijemput pejabat senior Rusia untuk merayakan kemenangan Donald Trump. Begitu yang dikatakan seorang pejabat senior intelijen AS yang memiliki pengetahuan langsug dengan hal tersebut kepada NBC News.

Sumber intelijen itu menggambarkan tentang perayaan, pertama kali dilaporkan oleh Washington Post, sebagai bagian kecil dari laporan intelijen secara keseluruhan tentang campur tangan Rusia dalam pemilu.

"Penyadapan yang sangat diklasifikasikan (rahasia) menggambarkan perencanaan pemerintah Rusia dan arah kampanye multifaset oleh Moskow untuk merusak integritas sistem politik Amerika," kata pejabat itu seperti dikutip dari NBC News, Jumat (6/1/2017).

Sumber itu juga mencatat, bagaimanapun, bahwa penyadapat komunikasi dilihat dengan hati-hati karena mereka tunduk pada interpretasi. "AS juga telah mengidentifikasi pelaku Rusia yang menyerahkan bahan-bahan dari Partai Demokrat yang dicuri untuk WikiLeaks," kata sumber itu.

Dua pejabat intelijen dengan pengetahuan langsung juga menyatakan bahwa laporan detail serangan cyber yang dilakukan hacker Rusia tidak hanya terhadap Komite Nasional Partai Demokrat. Mereka juga meretas Gedung Putih, Kepala Staf Gabungan, Departemen Luar Negeri dan perusahaan AS. Para pejabat itu mengatakan beberapa hacker berhasil, sementara yang lain berhasil digagalkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6651 seconds (0.1#10.140)
pixels